Kasus Bebek Nungging, Zaskia Gotik Ngaku Tak Tahu Lambang Pancasila

Kasus Bebek Nungging, Zaskia Gotik Ngaku Tak Tahu Lambang PancasilaZaskia Gotik @tribunnews.com
Setelah sekian lama bungkam, Zaskia Gotik akhirnya memberikan klarifikasi terkait pelecehan lambang negara yang ia lakukan ketika tampil di acara Dahsyat (15/3) lalu. Di salah satu segmen yang dipandu Deni Cagur menampilkan Zaskia bersama Ayu Ting Ting dan Julia Perez. Ketika ditanyai 'Kapan proklamasi dikumandangkan?' Zaskia menjawab, 'Saat adzan Subuh 32 Agustus'. Saat ditanya lambang sila ke-5 Pancasila, Zaskia pun menjawab dengan bebek nungging.

Perkataan Zaskia tersebut yang akhirnya membuat rakyat Indonesia mengamuk. Sejumlah pihak langsung mengambil langkah tegas dengan melaporkan Zaskia ke pihak berwajib. Zaskia sendiri mengakui kala itu hanya menjawab secara spontan.

"Nggak ada (skenario). Jadi Neng cuma dikasih tahu nanti ada syuting Dahsyat 1 segmen. Kalau berpikir, Neng juga nggak akan spontanitas melakukan hal itu. Ini semua sudah terjadi. Saya harus terima dengan lapang hati. Saya ridho. Ini pembelajaran untuk saya lebih baik," ujarnya sambil menahan tangis ketika mengadakan jumpa pers di kantor Nagaswara, Jakarta Pusat, Selasa (22/3) kemarin, seperti dikutip Kapanlagi.

Zaskia bersama kuasa hukumnya, Eddy Ribut Harwanto menjelaskan jika ucapannya waktu itu spontan dan bertujuan untuk menghibur pemirsa. Sehubungan dengan jawaban bebek nungging, Zaskia mengaku benar-benar tidak tahu jawaban yang benar. Lantaran goyangan khasnya adalah goyang itik, maka Zaskia pun asal melontarkan jawaban bebek nungging.

"Jadi si Neng sudah menceritakan pada saya kalau pertanyaan itu memang tidak diberitahukan. Kalau jawaban kan memang improvisasi, spontan, karena pertanyaan cepat harus dijawab cepat. Yang terbayang di Neng Zaskia itu karena dia terkenalnya dengan goyang itik, maka yang terpikir saat mau menjawab, karena itu suasana buat hiburan, dia jawabnya bebek nungging. Itu spontanitas aja," papar Eddy.

"Nggak ada itikad untuk mencederai atau menghina simbol-simbol negara. Tapi kalau ada persepsi lain, itu menjadi hak masyarakat. Karena kekhilafan itu tadi, karena keterbatasan. Neng Zaskia sendiri sila kelima memang tidak tahu. Memang keterbatasannya Zaskia itu tidak tahu," tandas Eddy.
hdk