6 Kondisi Puting Yang Biasa Terjadi Pada Wanita

Kamis, 24 Maret 2016 08:00
6 Kondisi Puting Yang Biasa Terjadi Pada WanitaIlustrasi payudara @thebreastcaresite.com
Jika Anda atau pasangan Anda memiliki puting payudara berwarna kehitaman hal ini sangat normal, mengingat bahwa puting sehat bukan selalu berwarna pink atau merah muda.

Dilansir dari Goodhousekeeping, sebab setiap perubahan hormon dan bentuk ketika hamil dan melahirkan menyebabkan perubahan warna pada puting dan areola.

Dokter spesialis Obgyn, Julian Brady mengatakan, ada 6 hal seputar payudara yang tidak boleh diabaikan, seperti apabila puting payudara mengeluarkan darah, berair, perubahan kulit yang tidak merata, adanya benjolan tidak normal, bau, serta nyeri abnormal.

Meski begitu ada beberapa kondisi yang terjadi pada puting tapi dianggap sebagai hal yang biasa dan sangat wajar. Berikut ulasannya:

1. Areola berbintik

Kondisi yang normal jika ada benjolan kecil menyerupai bintik-bintik karena suhu dan udara lembap. Biasanya kondisi ini akan normal kembali setelah Anda berada pada suhu normal.

Kemudian, warna areola juga dapat berubah selama kehamilan dan cenderung lebih gelap. "Ini benar-benar normal dan Anda tidak perlu khawatir," katanya.

2. Rambut pada puting susu

Seperti halnya bagian kulit lain, puting juga bisa saja memiliki rambut tumbuh dan biasanya dimulai pada masa pubertas.

Namun, pertumbuhan rambut yang tidak wajar harus dinilai oleh dokter karena bisa menjadi tanda sindrom ovarium polikistik.

3. Gatal di sekitar puting

Gatal di sekitar puting mungkin bisa menjadi tanda masalah kesehatan, tapi tenang kondisi ini biasanya tidak serius.

Jika Anda mengalami gatal, coba pertimbangkan menggunakan deterjen atau bra khusus.

4. Nyeri saat menstruasi

Kondisi normal apabila Anda merasa nyeri di daerah puting saat menstruasi. Namun kondisinya benar-benar tergantung pada individu. Jika nyeri tidak mereda setelah menstruasi, kunjungi dokter.

5. Saat menyusui

Masih normal bila Anda merasa sakit atau tidak nyaman saat menyusui. Dukungan yang tepat dari suami dan keluarga sepanjang hari akan membantu payudara merasa santai selama menyusui.

6. Selama menopause

Selama dan pasca menopause, biasanya puting menjadi lebih kering dan kulit pecah-pecah seperti kurang sensitivitas. Ini normal karena wanita mengalami penurunan estrogen.

Bila kondisi ini menyebabkan nyeri yang menganggu, sebaiknya pergi ke dokter.
(De)
Komentar