Demi Sebuah Uang Koin, Pengusaha Ini Rogoh Dana Rp 93 Miliar

Demi Sebuah Uang Koin, Pengusaha Ini Rogoh Dana Rp 93 MiliarUang koin legendaris @irishtimes.com
Kolektor ternyata masih saja mengincar barang langka dengan harga yang tak masuk akal. Sebuah koin mata uang langka bergambar tokoh Amon Carter atau Flowing Hair Silver Dollar berhasil terjual dengan harga mencapai USD 13 juta atau Rp 93 miliar.

Koin uang yang disebut sebagai peninggalan paling berserjarah di dunia tersebut dibeli oleh salah seorang pengusaha di Amerika Serikat bernama Bruce Morelan pada tahun 2013 silam.

Kini, harga koin uang langka itu diperkirakan sudah mencapai Rp 169 miliar. Tampilan uang tersebut memang tampak biasa saja. Namun, koin itu bernilai sejarah lantaran disebut sebagai dollar pertama yang diproduksi di Philadelphia pada 15 Oktober 1794.

Managing Director London Mint Office, James Deeny dalam sebuah acara beberapa waktu lalu mengatakan jika keberadaan koin tersebut merupakan sesuatu yang sangat luar biasa dan istimewa.

"Kami pikir itu adalah yang pertama di antara dolar yang ada dilihat dari kualitas definisi koin. Berpikir bahwa koin dari abad ke-18 ini telah bertahan dalam keadaan seperti ini adalah hal luar biasa," ujarnya dilansir News.
mks