Bisa Dipenjara 5 Tahun, Ridwan Kamil Balik Laporkan Sopir Angkot

Bisa Dipenjara 5 Tahun, Ridwan Kamil Balik Laporkan Sopir AngkotRidwan Kamil @tempo.co

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil terancam dipenjara 5 tahun apabila terbukti bersalah melakukan pemukulan terhadap seorang sopir angkot bernama Taufik Hidayat.

Kepala Bidang Humas Polda Jawa Barat Komisaris Besar Sulistyo Pudjo membenarkan telah menerima laporan tersebut.

"Pelapor Taufik Hidayat, terlapor RK (Wali Kota Bandung). Awal mula kejadian, pelapor lagi menaikkan penumpang (omprengan jalur tengah), tiba-tiba datang terlapor dengan menggunakan sepeda listrik," kata Pudjo.

Jika terbukti, Ridwan Kamil dijerat dengan Pasal 351 KUHP tentang Penganiayaan dengan ancaman pidana lima tahun penjara.

Sementara itu, Ridwan Kamil memberi sinyal akan melaporkan balik Taufik sebab memberi laporan tidak sesuai fakta di lapangan. Menurutnya, tidak ada pemukulan seperti yang ditudingkan kepadanya.

"Langkah hukum (bisa saja) yang penting urusan ini dulu. Sambil melihat, kalau kebiasaan buruk. Sesuatu yang tidak saya suka, kalau menurut saya tidak suka bisa dilaporkan," ungkapnya, Senin (21/3).

Dia tak menampik telah menegur para sopir angkot yang berhenti di rute Cicaheum-Alun-alun Bandung tersebut.

"Bukan sopir angkot ya ini saya tegaskan. Jadi ilegal. Yang suka ganti-ganti sopir, enggak bawa STNK juga," ujarnya. Dia mengaku, sudah belasan kali mengingatkan dengan cara baik-baik. "Kota ini mau dibiarkan komplotan preman seperti itu? Enggakkan," tandasnya. Demikian dilansir dari berbagai sumber.

(BACA: Ridwan Kamil Dilaporkan Polisi Sebab Pukuli Sopir Angkot)

Nay