Hambalang Diusulkan Dijadikan Museum & Penjara Koruptor

Hambalang Diusulkan Dijadikan Museum & Penjara KoruptorPresiden Jokowi di Hambalang @detik.com

Anggota Komisi X DPR yang membidangi olahraga, Teguh Juwarno melemparkan ide agar Pusat Pelatihan Pendidikan dan Sekolah Olahraga Nasional (P3SON) di Bukit Hambalang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat dijadikan museum atau penjara bagi koruptor.

Teguh menyampaikan usulannya itu terkait wacana pemerintah yang ingin menyelamatkan proyek Hambalang yang mangkrak sejak Andi Mallarangeng menjadi menteri pemuda dan olahraga. Padahal, hasil kajian menunjukkan jika tanah di bukit Hambalang tidak stabil untuk pembangunan gedung-gedung bertingkat.

"Mungkin sebagai alternatif, dibiarkan saja mangkrak dan dijadikan museum soal kehancuran akibat korupsi," katanya, Minggu (20/3), dilansir dari JPNN.

Teguh yang berasal dari PAN ini menambahkan, jika proyek Hambalang dijadikan museum, maka pelajar bisa belajar dan melihat langsung kerugian akibat korupsi. Selain itu, selama ini Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) juga kekurangan tempat untuk tahanan.

"Toh KPK kekurangan penjara. Tapi kami akan menunggu kajian dan usulan pemerintah. Untuk selanjutnya minta pendapat ahli dan BPK atau pun BPKP," pungkasnya.

Nay