Tradisi Pindah Rumah Suku Bugis, Rumahnya Digotong!

Tradisi Pindah Rumah Suku Bugis, Rumahnya Digotong!Tradisi pindah rumah Suku Bugis @kaskus.co.id

Orang Bugis yang mendiami Sulawesi Selatan memiliki tradisi pindah rumah yang unik. Bagi Suku Bugis, pindah rumah diartikan secara harfiah, yakni memindahkan rumahnya ke lokasi yang baru.

Rumah Suku Bugis memang terbuat dari kayu, sehingga saat akan pindah, rumah berbentuk panggung itu bisa digotong ke lokasi yang baru. Pada saat pemindahan inilah terlihat budaya gotong royong warga satu kampung.

Sebelum rumah dipindahkan, pemilik terlebih dulu mengosongkan barang-barang dan perabotan di dalam rumahnya. Kemudian tiang-tiang yang ada di bawah rumah panggung itu dipasangi bambu untuk penahan sekaligus pegangan menggotong.

tradisi-bugis

Pengangkatan rumah melibatkan warga satu kampung dan dikomandoi tetua adat atau kepala kampung. Tetua inilah yang memberikan aba-aba kapan harus mengangkat, berjalan, kecepatan langkah dan sebagainya.

Tradisi gotong royong pindah rumah seperti ini tidak mungkin dilakukan oleh orang yang tinggal di rumah modern yang permanen. Selain itu, tradisi ini juga memperlihatkan betapa kayanya budaya yang bangsa kita miliki dan mungkin saja tidak dimiliki oleh bangsa lain di dunia.

Saksikan videonya berikut ini.

Tradisi pindah rumah Suku Bugis, Seperti gotong apartment sampai sakit pinggangnya..?Ayo kita hidupkan kembali semangat Gotong Royong

Posted by Selamat Pagi Indonesia on Saturday, March 19, 2016
Nay