Asyik! Mudik Gratis 2016 Bagi Pemotor Diadakan Lagi

Asyik! Mudik Gratis 2016 Bagi Pemotor Diadakan LagiIlustrasi @tribunnews.com

Kementerian Perhubungan mengatakan akan kembali menggelar program mudik gratis bagi pemudik dengan sepeda motor pada masa angkutan lebaran 2016 ini.

Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub Hermanto Dwiatmoko mengatakan, pihaknya memperkirakan kuota subsidi mudik gratis kali ini meningkat hingga 59 persen dibandingkan tahun 2015 lalu.

"Pada 2015 kuota subsidi angkutan mudik motor gratis sebesar 9.900 motor. Sedangkan pada tahun ini jumlah tersebut mengalami peningkatan menjadi 15.834 motor," ujarnya, Jumat (18/3).

Hermanto menambahkan, penyelanggara mudik motor gratis dengan kereta api tahun ini menawarkan tiga stasiun tujuan dengan tiga lintasan. Lintas Utara di mana kereta api akan berhenti di Stasiun Cirebon Prujakan, Stasiun Tegal, Stasiun Pekalongan, Stasiun Semarang Tawang, Stasiun Ngrombo, Stasiun Cepu, Stasiun Bojonegoro, Stasiun Babat dan berakhir di Stasiun Surabaya Pasarturi.

"Lintas Selatan 1 dimana kereta api akan berhenti di Stasiun Purwokerto, Stasiun Kroya, Stasiun Gombong, Stasiun Kebumen dan mengakhiri perjalanan di Stasiun Kutoarjo. Sedangkan lintas Selatan 2 di mana kereta api akan berhenti di Stasiun Lempuyangan, Stasiun Klaten, Stasiun Solo Jebres, Stasiun Madiun, Stasiun Kertosono dan Stasiun Kediri," paparnya.

Seluruh keberangkatan angkutan mudik gratis ini dilakukan di Stasiun Jakarta gudang dengan formasi 1 lokomotif CC dan tujuh kereta bagasi, atau masing-masing lintas mampu mengangkut 406 motor.

Nay