Warga Luar Kota Jangan ke Malang 25-26 Maret, Nanti Nyesel

Warga Luar Kota Jangan ke Malang 25-26 Maret, Nanti NyeselKemacetan di Kota Malang @tribunnews.com

Pemerintah Kota Malang mengimbau agar warga luar kota tak berlibur atau memasuki kawasan Kota Malang pada tanggal 25-26 Maret mendatang.

Dua hari itu dipastikan jalanan di Kota Malang dipadati rombongan peserta Hari Lahir Muslimat Nahdlatul Ulama ke-70 yang kegiatannya dipusatkan di Stadiun Gajayana, Kota Malang.

Pemkot khawatir kondisi itu akan menyebakan kemacetan yang cukup parah.

"Kebetulan bertepatan dengan hari Jumat dan Sabtu, masa-masa paling padat karena mendekati weekend. Bayangkan saja, di hari biasa selalu macet. Apalagi saat Harlah nanti," kata Wali Kota Malang M Anton. Acara ini juga akan dihadiri Presiden Joko Widodo.

Panitia penyelanggara mengatakan, jumlah peserta mencapai 44.000 orang yang berasal dari empat provinsi akan datang sebagai peserta dalam acara itu. Empat provinsi yang dimaksud, yaitu Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, dan Maluku.

Rencana sementara kegiatan akan dipusatkan di Jalan Ijen, dan sepanjang Jalan Bromo. Jalan itu akan ditutup pada hari H mulai pukul 06.00 WIB sampai 18.00 WIB.

"Kita bikin seperti car free day tapi untuk parkir. Jadi Imbauan juga pada warga untuk menghindari jalan tersebut seharian itu," kata Kabid Pengendalian dan Penertiban Dinas Perhubungan Kota Malang Reymond G Matondang.

Data kendaraan yang sudah terdaftar mencapai 260 bus, 800 minibus, dan 150 sampai 200 kontener. Untuk menyiapkan tempat parkir seluruh kendaraan itu, menurut perhitungannya, butuh lahan sepanjang sekitar tiga kilometer.

"Kalau Jalan Ijen saja tentu tidak cukup. Nanti sisanya kita arahkan juga ke rampal," tambah dia. Demikian dilansir dari berbagai sumber.

Nay