Lowongan Kerja: Wanita Asing, Cantik, Mau Melayani Keinginan Direktur

Lowongan Kerja: Wanita Asing, Cantik, Mau Melayani Keinginan DirekturWanita cantik @ihdimages.com
Netizen China dihebohkan dengan lowongan kerja yang ditawarkan oleh sebuah perusahaan alat berat, Sany Heavy Industry Co Ltd. Perusahaan itu mencari pekerja wanita asing cantik, cerdas, penampilan menarik, serta bersedia melakukan apapun untuk melayani keinginan direktur.

Lowongan kerja yang terkesan mengarah ke arah negatif itu pun langsung mendapat banjir kritikan dari netizen. Kebanyakan menganggap perusahaan telah menyebarkan pesan diskriminasi dengan jelas dalam pekerjaan.

Secara lengkap lowongan itu mencari pekerja wanita canik, berijazah, bisa bahasa Inggris, dan tertarik menyediakan pakaian atau buah salad untuk direktur perusahaan, demikian dilansir Asia One, Kamis (17/3).

CEO Sany Heavy Industry, Liang Wengen mengaku sedang berusaha menyempurnakan bahasa Inggris-nya dengan ditemani wanita yang ceria dan menawan.

Meski dinilai diskriminatif, namun tuntutan hukum sama sekali tidak dilakukan oleh warga China. Terlebih perusahaan di sana menganggap mempekerjaan siapa saja yang mereka inginkan adalah hak mutlak perusahaan.

Profesor hukum di University of International Business and Economics Beijing, Ma Te mengatakan, "Hal ini praktis tidak mungkin memenangkan kasus terhadap perusahaan yang menempatkan persyaratan diskriminatif dalam daftar pekerjaan."

Sebuah situs asing untuk mencari pekerjaan di China mengatakan jika perusahaan Liang Wengen menyediakan gaji bulanan sampai dengan Rp 30 juta lengkap dengan fasilitas sebuah kamar, makanan, serta potensi bonus kepada wanita lulusan perguruan tinggi yang memiliki paras cantik.

Selain sekedar mengajarkan bahasa Inggris atau menyediakan salad, wanita yang bekerja nantinya juga wajib mengikuti direktur untuk bertugas ke luar daerah, mencetak dokumen, dan mengatur jadwal. Iklan tersebut kini sudah menyebar di media sosial seperti WeChat ataupun Weibo.
mks