Tenggorokan Tersumbat Jaring, Paus Sperma Raksasa Mati

Tenggorokan Tersumbat Jaring, Paus Sperma Raksasa MatiPaus sperma raksasa mati @scmp.com
Ikan Paus dengan kepala kotak atau yang disebut dengan ikan paus sperma seberat 41 ton ditemukan terdampar di di Provinsi Jiangsu, China. Ikan tersebut mati karena memakan jaring ikan 8 meter dengan lebar 2 meter milik nelayan.

Paus sperma dengan panjang 15 meter tersebut merupakan salah satu paus yang ditemukan terdampar bersama dengan paus lainnya berbobot 33 ton di kawasan yang sama pada pertengahan bulan Februari lalu, dilansir Shanghaiist.



Dua bangkai ikan raksasa ini pun dievakuasi dan diautopsi di Museum Dalian di Liaoning. Peneliti tidak menemukan goresan luka pada paus berbobot 41 ton itu, mereka menemukan jaring ikan di tenggorokan yang menyumbat saluran makan sang ikan.

"(Kemungkinan), Paus Sperma malang mati kelaparan karena penyumbatan di tenggorokannya," ujar pendiri Museum Dalian, Sui Hongjin.

Usai ditemukan bangkau paus sperma pertengahan bulan lalu, ditemukan lagi paus dengan bobot yang hampir sama di sekitar 7 atau 8 kilometer dari paus yang pertama kali ditemukan. Paus sperma sendiri merupakan ikan yang mampu berbobot puluhan ton dalam waktu lima tahun.
mks