Wow, Nenek 91 Tahun Sukses Raih PhD

Wow, Nenek 91 Tahun Sukses Raih PhDColette Bourlier @lepoint.fr
Colette Bourlier (91) adalah wanita tertua di Prancis yang berhasil mendapatkan gelar Doktor Falsafah (PhD) setelah menyelesaikan tesis yang dikerjakannya sejak 30 tahun silam. Ia mendapat gelar PhD dari Universitas Franche-Comte dekat Besancon, timur Prancis.

Colette mengaku jika waktu sangat lama dalam pengerjaan tesis terkait pekerja imigran ini karena dirinya mengambil waktu istrirahat. "Butuh beberapa waktu untuk menulis karena saya mengambil cuti istirahat," ujarnya.

Nenek ini mengambil tesis berjudul 'Pekerja Asing di Besancon pada Paruh Kedua Abad ke-20' dengan pengalamannya sendiri sebagai dasar penelitian.

Ia selama ini memang menjadi guru program melek ilmu untuk pendatang di kota Prancis bagian timur

Serge Ormeaux, pembimbing Colette mengaku jika nenek tersebut sangat tertarik mendapatkan gelar PhD setelah pensiun pada 1983. PhD di Perancis biasanya disiapkan dalam waktu 3 tahun, namun nenek tersebut rupanya sangat teliti.

Dilansir The Guardian, Serge mengatakan, "Dia mungkin satu-satunya orang yang tahu tentang aspek itu secara rinci. Ulasannya turut didukung dengan analisis statistik."
mks