Awas! Makan Mi Instan Pakai Nasi Bisa Picu Diabetes

Minggu, 20 Maret 2016 05:00
Awas! Makan Mi Instan Pakai Nasi Bisa Picu DiabetesIlustrasi mi instan dengan nasi @galamedianews.com
Umumnya masyarakat Indonesia mengonsumsi mie instan dengan nasi. Ternyata kebiasaan ini justru memiliki dampak negatif yang sangat berbahaya bagi kesehatan.

Mengkonsumsi mie instan dan nasi bersamaan menghasilkan kurang lebih 750 ribu kalori per porsi. Hal ini bisa mengganggu fungsi pankreas penghasil hormon insulin. Karena secara normal makanan yang masuk ke dalam tubuh akan dicerna menjadi gula dan menyebabkan pankreas menghasilkan hormon insulin.

Secara rinci jika jumlah kalori tinggi maka hormon insulin juga menjadi tinggi dan sistem kerja pankreas otomatis menjadi berlebihan sehingga menimbulkan kerusakan dan memicu penyakit diabetes atau kencing manis.

Tak hanya kencing manis saja, kebiasaan ini juga bisa menyebabkan kegemukan atau obesitas karena kalori dalam tubuh yang berlebih akan disimpan dan menumpuk menjadi lemak.

Perlu ingat bahwa nasi dan mie adalah sumber makanan tinggi karbohidrat, namun mie memiliki zat gizi sangat rendah. Jadi untuk mengonsumsi mie instan secara sehat sebaiknya jangan dimakan bersama nasi tapi bersama telur, kornet, atau sayur-sayuran.

Mie instan memiliki cita rasa super lezat akibat kandungan MSG (Monosodium Glutamate) yang sangat tinggi. MSG yang biasa kita kenal dengan vetsin atau michin, disinyalir sangat membahayakan kesehatan tubuh.

Dan jika Anda mengonsumsi MSG setiap hari sebanyak 12 gram hal ini dapat memicu penyakit lambung, gangguan tidur bahkan mual. Tak hanya itu saja, kandungan MSG ini juga memicu penyakit hipertensi, asma, kanker, diabetes, parahnya dapat menimbulkan kelumpuhan serta menurunkan kecerdasan.
(De)
Komentar