Dahsyat Ditegur KPI Karena Kasus Zaskia Gotik Hina Pancasila

Dahsyat Ditegur KPI Karena Kasus Zaskia Gotik Hina PancasilaZaskia Gotik @tribunnews.com
Lawakan Zaskia Gotik yang dianggap menghina lambang negara dalam acara Dahsyat RCTI episode (15/3) lalu rupanya berbuntut panjang. Walau mantan pacar Vicky Prasetyo ini telah mengucapkan permohonan maafnya, ia tetap harus menanggung berbagai konsekuensi terkait ucapannya.

Selain dilaporkan beberapa pihak ke polisi, acara Dahsyat juga lagi-lagi ditegur oleh Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) lewat situs resminya.

KPI melayangkan teguran tertulis kepada Dahsyat pada Kamis (17/3) kemarin. Ini sekaligus jadi teguran ke-2 yang diterima oleh Dahsyat.

Pada surat teguran kedua tersebut KPI menjelaskan jika Dahsyat sudah melanggar Pedoman Perilaku Penyiaran Komisi Penyiaran Indonesia Tahun 2012 Pasal 9, Pasal 14, Pasal 21 Ayat (1), dan Pasal 37 dan Standar Program Siaran Komisi Penyiaran Indonesia Tahun 2012 Pasal 9 Ayat (2), Pasal 15 Ayat (1), Pasal 37 Ayat (4) huruf a, dan Pasal 54 Ayat (1).

Koordinator Isi Siaran dan Anggota KPI Pusat, Agatha Lily mengatakan jika KPI memperoleh banyak keluhan dari masyarakat sehubungan dengan hinaan Zaskia pada Pancasila. "Kami menerima cukup banyak pengaduan masyarakat akan hal tersebut," tuturnya, seperti dikutip Kapanlagi.

Lily kembali mengingatkan, bila Dahsyat melanggar satu kali lagi maka pihaknya akan melakukan pemberhentian program. "?Ini adalah merupakan teguran terakhir, jika pelanggaran kembali terjadi maka program tersebut akan kami hentikan kembali," tandas Lily.
hdk