Tulisan Zaman Nabi Muhammad Dirusak Orang Tak Dikenal

Tulisan Zaman Nabi Muhammad Dirusak Orang Tak DikenalTulisan zaman Nabi Muhammad rusak @arabnews.com

Peninggalan bersejarah dan berharga bagi umat muslim dirusak oleh orang-orang tak bertanggung jawab. Komisi Turisme dan Peninggalan Nasional (SCTNH) Arab Saudi masih menyelidiki kasus perusakan makam para mujahid yang gugur dalam peperangan paling bersejarah dalam Islam.

Direktur SCTNH cabang Madinah, Saleh Abbas, mengatakan, tulisan bersejarah di Gunung Uhud, yang ditulis pada zaman Nabi Muhammad itu mengalami kerusakan. Sebagian dihapus dan ditutupi coretan tak jelas.

Abbas menjelaskan akan melakukan upaya penyelamatan tinggalan bersejarah itu. Antara lain dengan memotong batu yang permukaannya terdapat tulisan dari zaman Rasulullah tersebut.

"Ini sulit bagi komisi untuk menunjuk penjaga keamanan pada setiap gunung sehingga ini akan lebih mudah untuk menjaga tulisan-tulisan itu dengan memotong batu yang mengandung tulisan itu," ujar Abbas.

Sementara peneliti dari Kota Madinah, Abdullah Kabir, melaporkan tulisan-tulisan yang dihapus antara lain tentang sumur Al-Mihras.

Tulisan tentang sumur Al-Mihras itu menceritakan kisah Ali Bin Abi Talib yang mengambil air dari sumur untuk membersihkan luka Nabi Muhammad yang didapat sewaktu perang. Namun, Nabi menolak air itu karena berbau tak sedap.

Kabir menilai perluasan bangunan di perkotaan Madinah dekat Al-Mihras membuat tulisan bersejarah ini dirusak oleh orang-orang yang tak peduli dengan pentingnya sejarah dan budaya.

Dia menyarankan dibangun pagar di seluruh daerah untuk perlindungan atau memotong batu-batu yang ditulisi untuk menjaga bukti sejarah tersebut.

Nay