Risih Pantai Jadi Jorok, Gelandangan ini Punguti Sampah Tiap Hari

Risih Pantai Jadi Jorok, Gelandangan ini Punguti Sampah Tiap HariSemangat Dan membersihkan sampah menginspirasi banyak orang @mirror.co.uk

Pemandangan pantai di Cape Town, Afrika kini sudah tak seindah dulu akibat dipenuhi sampah. Seorang warga setempat bernama Dan tergerak hatinya untuk membersihkan sampah-sampah itu. Menariknya, Dan adalah seorang gelandangan namun memiliki jiwa sosial tinggi yang cinta kebersihan.

Kisah Dan membersihkan sampah-sampah itu diceritakan oleh Jay Margolis.

"Saya melihat gelandangan itu mengisi dua kantung plastik besar berisi sampah, lalu mengobrol santai dengan beberapa orang. Dia malu melihat banyaknya polusi sampah dan ingin melihat pantai indah untuk para wisatawan dan untuk laut itu sendiri," tulis Jay lewat Facebooknya.

"Kami membicarakan tentang apa dampak tulisan yang saya unggah di Facebook kepadanya, Dan sangat terkejut, semua orang ingin datang dan membantunya. Dia tidak bisa berhenti tersenyum".

bersihkan-sampah

Sejak tulisan Jay tentang Dan ini menjadi viral, pegiat lingkungan di Cape Town akhirnya tergerak dan membantu. Mereka mencarikan jalan supaya Dan tidak menjadi gelandangan lagi.

Dan mendapat bantuan akses akomodasi permanen hingga asuransi medis untuk menjamin kesehatannya.

"Kami akan mengumpulkan orang terbaik untuk menolong Dan. Kelompok sosial telah menyarankan pembentukan donasi untuk hidupnya. Tawaran pekerjaan realistis dan sumbangan pakaian untuk membantu Dan yang tidak punya apa-apa," kata Margolis.

Nay