Faktor Genetik Bisa Sebabkan Orang Selingkuh

Jum'at, 18 Maret 2016 07:00
Faktor Genetik Bisa Sebabkan Orang SelingkuhIlustrasi selingkuh @relateinstitute.com
Setiap orang tentunya ingin memiliki pasangan yang setia. Namun tak menutup kemungkinan jika ada hubungan yang luput dari perselingkuhan.

Ternyata, potensi selingkuh seseorang bisa dilihat dari riwayat hubungan ayah dan ibunya. Sebuah studi mengungkap jika anak dari orang tua yang pernah selingkuh cenderung melakukan hal yang sama dikemudian hari.

Dilansir dari Men's Health, dalam studi ini, partisipan yang dibesarkan dari orangtua yang pernah selingkuh mengaku pernah melakukan perselingkuhan dengan pasangannya.

"Apa yang dilakukan ayah dan ibu bisa memprediksi perselingkuhan, kepuasaan hubungan, kepribadian anak," ungkap penulis studi Dana Weiser

Tak hanya itu saja, faktor genetik juga bisa memberikan pengaruh besar dalam perilaku ini. Peneliti mengatakan bahwa ada semacam reseptor dopamin yang membuat seseorang tak cukup memiliki satu pasangan saja.

Waiser menambahkan bahwa apa yang dilakukan orangtua membentuk ekspektasi anak tentang hubungan. Misalnya, sang ayah melakukan perselingkuhan, di mata anak hal ini menimbulkan pemikiran bahwa untuk memiliki satu pasangan merupakan hal yang tidak mungkin.

"Jika orangtua pasangan setia, maka tak perlu khawatir kemungkinan besar ia akan setia juga," papar Weiser.
(De)
Komentar