Friendster.id, Domain Baru Sosmed Friendster?

Friendster.id, Domain Baru Sosmed Friendster?Laman Friendster @friendster.id
Sebelum Facebook hadir, pengguna internet pasti tidak asing dengan Friendster, jejaring sosial mirip Facebook itu booming di awal tahun 2000an. Namun Friendster perlahan tenggelam setelah media sosial lain bermunculan.

Penurunan pengguna yang sangat drastis dari tahun ke tahun membuat Friendster tutup usia pada Mei 2011. Kini, Friendster kabarnya telah hadir dengan domain baru bernama Friendster.id.

Laman tersebut menampilkan logo Friendster dengan font huruf sambung berlatar biru. Ada gambar pintu terbuka dengan tokoh animasi sedang melambaikan tangan dengan tulisan 'Temukan teman lamamu' lengkap dengan menu 'Masuk' dan 'Daftar'.

Di menu Masuk, terdapat kolom nama pengguna dan kata sandi. Ada pula alternatif untuk masuk menggunakan media sosial lain seperti Facebook, Google+, Twitter, maupun Instagram.

Jika mendaftar, media sosial ini memiliki tampilan mirip media sosial lain dengan berbagai menu, seperti pemberitahuan, obrolan dan juga kolom untuk update status. Tak ada pihak yang bisa dikonfirmasi mengenai media sosial Friendster baru berbahasa Indonesia ini.



Friendster sendiri adalah jejaring sosial yang dibuat programmer Jonathan Abrams pada tahun 2002. Saat itu Friendster menjadi situs pertemanan yang merubah gaya hidup masyarakat modern, termasuk Indonesia.

Keberhasilan Friendster bahkan telah meraup USD 14 juta dari modal ventura dan pemain internet kelas berat seperti mantan CEO Yahoo, Tim Koogle, hingga mantan VP Amazon Ram Shriram.

Tak hanya itu, Majalah Time bahkan menganugerahi Friendster sebagai Coolest Inventions of 2003. Entertaintment Weekly juga meinobatkan Abrams sebagai Breakout Star of 2003.

Sejarah mengesankan Friendster juga membuat Google sempat berniat membelinya dengan nilai USD 30 juta tahun 2003 lalu yang tiba-tiba batal. Namun Friendster mendapat kucuran dana dari Kleiner, Perkins, Caufield & Byers serta Benchmark Capital dengan perkiraan nilai mencapai US$ 53 juta.

Namun beberapa tahun berikutnya Friendster tak mampu mengejar ketertinggalan dengan media sosial baru Facebook dan terseok-seok selama beberapa tahun hingga akhirnya tutup usia di AS pada tahun 2006.

Friendster pun resmi tutup secara global pada bulan Mei tahun 2011 dan pengguna pun meninggalkannya karena sudah berganti menjadi situs game di tahun tersebut, demikian dilansir Mashable.
mks