Akhirnya, Robot Cerdas Google Dikalahkan Manusia

Akhirnya, Robot Cerdas Google Dikalahkan ManusiaLee Sedol Vs AlphaGo @gogameguru.com
Kecerdasan buatan Google 'DeepMind' akhirnya kalah dengan grandmaster catur China 'Go' setelah menang tiga kali secara berturut-turut. Kemenangan terhadap program AlphaGo oleh manusia ini merupakan yang pertama kalinya.

Grandmaster asal Korea Selatan, Lee Sedol berhasil mengalahkan AlphaGo pada Minggu (13/3) kemarin di Seoul, Korea Selatan. Sedol mengaku menemukan kelemahan AlphaGo setelah bermain keempat kalinya.

"Satu kemenangan ini sangat berharga dan aku tidak akan menukarnya dengan apapun," ungkap Sedol dengan bangga.

Salah satu pemain Go terbaik dunia ini sebelumnya sempat frustasi karena kalah berkali-kali dengan AlphaGo milik Google. Namun akhirnya ia mendapat angin segar dan berhasil mengalahkannya.

Ia mengaku melakukan langkah yang tidak terduga sehingga AlphaGo meresponnya sebagai bug atau celah sistem. Artinya, perangkat canggih ini tidak cukup baik untuk mengatasi kejutan seperti yang sering dialami manusia.

Tak hanya itu, Sedol menjelaskan bahwa AlphaGo cukup kesulitan ketika menjalankan batu hitam. Hal ini membuktikan bahwa robot masih butuh intuisi manusia untuk menyempurnakan langkah pada game ini.

Sayangnya, dalam game terakhir yang berlangsung pada Selasa (15/3) kemarin AlphaGo berhasil mengalahkan Sedol untuk keempat kalinya. Dengan hasil ini Robot mampu mengalahkan manusia dengan skor 4-1.
mks