Salah Sendiri Ganteng, Dokter Kusumo Jadi Idola PSK Sarkem

Salah Sendiri Ganteng, Dokter Kusumo Jadi Idola PSK SarkemDokter Tri Kusumo Bawono @tribunnews.com

Memiliki wajah ganteng yang menarik, menjadi berkah sekaligus sedikit masalah bagi dokter, Tri Kusumo Bawono. Dokter Kusumo menceritakan pengalamannya saat ditugaskan menjadi dokter di Puskesmas Gedong Tengen, Kota Yogyakarta pada 2004 silam.

"Saya dulu pertama kali juga mikir, berat sekali kayaknya. Tapi ya sebagai dokter saya harus melayani siapa saja. Setelah berproses saya memahami sisi humanis mereka manusia yang juga membutuhkan hidup," katanya.

Pria lulusan Kedokteran Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) tahun 2003 ini mengaku senang setelah 10 tahun melayani para PSK di kawasan lokalisasi Pasar Kembang alias Sarkem.

"Saya malah jadi idola, itu mereka sendiri yang bilang. Tapi saya tetap profesional, saya bekerja melayani masyarakat. Setiap ada orang sakit, ya itu tanggung jawab saya," ungkapnya.

Kendati belum semua PSK memliki kesadaran akan kesehatan organ reproduksinya, Tri dan rekan sesama dokternya berinisiatif melakukan door to door ke losmen-losmen tempat para PSK dan melakukan pemeriksaan.

"Memang soal kesehatan itu belum banyak yang mau sukarela datang memeriksakan diri. Akhirnya kami harus aktif, karena ini demi kesehatan masyarakat juga," tambahnya.

Selama memberikan pelayanan kesehatan di Sarkem, tak jarang Tri menjadi sasaran para PSK genit. Suatu ketika, ujar dia, seorang PSK pernah tiba-tiba menariknya ke dalam losmen.

"Pernah ditarik, lalu diajak duduk, diapit, saya diam saja. Setelah yang 'lama-lama' (lebih senior) berteriak, 'eh itu Pak Dokter lho', baru mereka tahu," ujarnya sambil tertawa.

Beruntung, Tri selalu diingatkan oleh istrinya agar bisa menjaga diri dan bekerja secara profesional.

"Kalau yang menggoda itu pasti yang baru, yang belum tahu. Kuncinya ya tetap menjaga jarak dan ingat yang di rumah," tuturnya. Demikian dilansir dari berbagai sumber.

Nay