Cara Ampuh Atasi Sakitnya Putus Cinta

Kamis, 17 Maret 2016 06:00
Cara Ampuh Atasi Sakitnya Putus CintaIlustrasi sedih @loverofsadness.net
Cinta memang tak harus memiliki, namun ketika cinta harus berakhir hati tak akan luput dari rasa sakit yang menyesakkan dada. Ada banyak hal yang membuat sebuah jalinan asmara berakhir.

Menurut Jean Cirillo, PhD, psikoterapis di Long Island, N.Y, meski terlihat pihak wanitalah yang tampak sangat terpukul atau sedih kala cinta kandas begitu saja, tapi ternyata lebih banyak yang depresi bahkan memiliki untuk menghakhiri hidupnya.

Mungkin hal ini karena, wanita lebih terbuka tentang perasaannya dibanding pria yang lebih tertutup dan cenderung mengunggulkan harga diri.

"Dicampakkan oleh seseorang akan sangat melukai harga diri kebanyakan pria," ujar Sandra Reishus, MHS, seksolog klinis dan penulis buku Oh NO! I've Become My Mother.

Ketika seseorang sedang patah hati, mereka akan mengalami 5 tahap psikologis yaitu penolakan/pengingkaran, kemarahan, tawar-menawar atau bargaining, depresi, penerimaan.

"Ada orang yang bertahan di tahap kemarahan selama bertahun-tahun. Dalam kasus seperti ini, terapis boleh saja mendorong mereka masuk ke tahap berikutnya tanpa harus menunggu kemarahan itu selesai," kata Savages menyetujui Brothers.

Meski sakit hati memang sangat sakit dan tak jarang membuat banyak orang terpuruk, namun ingatlah bahwa Anda harus bangkit dari kubangan kesedihan tersebut.

Untuk membantu Anda bangkit dan mengobati sakitnya putus cinta, Anda bisa melakukan beberapa hal berikut ini:

1. Hindari musik kenangan masa lalu saat Anda masih bersama Si Dia

2. Tuliskan semua yang ada di hati dan pikiran Anda dalam sebuah jurnal pribadi. Atau, jika Anda suka, tuangkan emosi Anda dalam puisi.

3. Berbagi bebanlah dengan orang-orang terdekat yang Anda percaya. Biarkan mereka merawat Anda, saat Anda tidak atau kurang mampu merawat diri sendiri.

4. Keluar rumah. Menonton film, teater, pertunjukkan musik atau sekadar ngobrol di kafe bersama teman-teman akan membawa keceriaan baru bagi hati Anda yang sedang berduka.

5. Ganti jadwal kencan yang hilang dengan massage di spa atau salon langganan.
(De)
Komentar