Korsel Latihan Bareng AS, Korut Makin Getol Retas Korsel

Korsel Latihan Bareng AS, Korut Makin Getol Retas KorselPemimpin Korea Utara, Kim Jong-un @telegraph.co.uk
Perselisihan Korea Utara dan Korea Selatan sepertinya tak hanya pada bidang militer. Badan intelijen Korea Selatan mengatakan jika Korea Utara sangat gencar melakukan serangan di dunia maya.

Intelijen Korea Selatan melaporkan sejumlah serangan siber Korea Utara pada negara mereka meningkat hingga dua kali lipat dalam bulan Februari lalu, dilansir Fossbytes, Senin (14/3/2016).

Bahkan, dalam kurun waktu satu minggu terakhir, Korea Utara dikatakan telah berhasil menjebol 40 smartphone milik pejabat militer Korea Selatan. Serangan ini disinyalir dipicu karena Korea Selatan melakukan latihan bersama dengan Amerika Serikat.

Di pihak lain, Korea Utara membantah telah melakukan serangkaian serangan dunia maya pada Korea Selatan. Lebih jauh mereka bahkan menduga serangan itu dilakukan oleh Korea Selatan sendiri dan mengkambinghitamkan Korea Utara.

Salah satu artikel di koran resmi Korea Utara menulis, "Korea Selatan mengklaim adanya serangan siber dari Korea Utara dan menggunakannya untuk kepentingan politis."

Hacker Korea Utara sendiri sebelumnya diisukan menjalankan misi sabotase sistem kereta api Korea Selatan dengan cara meretas gadget milik pekerja kereta api. Hacker di negara yang dipimpin Kim Jong-un ini juga diduga kuat menjadi dalang dibalik serangan siber ke Sony tahun 2014 lalu.
mks