Akan Disadap Pemerintah AS, WhatsApp Tingkatkan Keamanan

Akan Disadap Pemerintah AS, WhatsApp Tingkatkan KeamananWhatsApp @softpedia.com
Setelah perdebatan FBI dan Apple terkait keamanan menghebohkan AS, masalah serupa juga menghampiri WhatsApp. Aplikasi chatting milik Facebook tersebut kini terancam diretas oleh pemerintah Amerika Serikat.

Hakim federal Amerika Serikat telah menyetujui penyadapan WhatsApp untuk keperluan penyelidikan. Hal ini berkaitan dengan kasus baru yang tengah diteliti oleh Departement of Justice (DOJ).

Namun karena WhatsApp memiliki sistem enkripsi dua arah, permintaan hakim ini pun menjadi terganjal. Sistem end-to-end encryption ini membuat hanya pengirim dan penerima pesan saja yang bisa mengetahui isi pesan tersebut.

WhatsApp sendiri mengaku tidak mengetahui sistem itu, sehingga ada kemungkinan pemerintah AS akan memerintahkan mereka untuk meretas aplikasinya sendiri.

Tak setuju dengan hal itu, WhatsApp justru berencana memperketat keamanan aplikasi dan membuat penyadapan mustahil dilakukan. WhatsApp juga diklaim segera memberikan sistem keamanan pada fitur voice call dan grup chat, dilansir The Guardian.

Petinggi Facebook Brasil beberapa waktu lalu sempat dipenjara gara-gara melawan pemerintah dan enggan memberikan data WhatsApp yang diperlukan dalam penyelidikan kasus narkoba.
mks