Ilmuwan Pakai DNA Manusia untuk Bikin Chip Super Cepat

Ilmuwan Pakai DNA Manusia untuk Bikin Chip Super CepatDNA @timeslive.co.za
Perkembangan dunia teknologi memang telah menjadikan hal yang mustahil menjadi mungkin. Ilmuwan kimia di AS kini berencana membuat chip komputer yang berjalan cepat dan murah dengan memanfaatkan DNA manusia.

Peneliti Universitas Brigham Young (BYU), AS, Adam T Wolley mengatakan jika timnya ingin menggunakan ukuran yang sangat kecil dari DNA dan mengadopsi kemampuannya dalam struktur nano elektronik, dilansir Financial Express.

Fitur terkecil sebuah chip yang berhasil diproduksi saat ini mempunyai lebar 14 nanometer. Sementara jika peneliti menggunakan DNA manusia, maka ukurannya akan jauh lebih kecil hingga 10 kali.

Wolley mengatakan kemungkinan untuk menciptakan chip yang punya lebar lebih kecil dan sesuai struktur pada DNA. "Ini berarti bahwa materi genetik itu bisa membentuk dasar bagi chip dengan skala lebih kecil," ujarnya.

Hal ini tentu bukan hal yang mudah direalisasikan, karena DNA tak menghantarkan listrik dengan baik. Namun ia menemukan celah untuk menyertakan DNA menjadi sebuah chip.

"Jadi kita menggunakan DNA sebagai perancah (tumpuan bangunan) dan kemudian merakit bahan lain pada DNA untuk membentuk elektronik," lanjutnya.

Wolley akan bekerja bersama dua rekannya, Robert C Davis dan John N. Harb. Mereka akan melanjutkan inovasi dari kelompok peneliti lain dalam mengeksplorasi struktur DNA.

Peneliti mengaku tertarik menggunakan DNA karena ada potensi penghematan yang cukup besar di balik DNA itu sendiri.

"Alam bekerja pada skala besar dan itu benar-benar bagus pada perakitan sesuatu yang handal dan efisien. Jika itu bisa diterapkan dalam membuat sirkuit untuk komputer, maka ada potensi penghematan biaya yang besar," tandasnya.
mks