Heboh Zaskia Gotik Hina Indonesia & Pancasila di TV

Heboh Zaskia Gotik Hina Indonesia & Pancasila di TVZaskia Gotik @harianindo.com
Penampilan Zaskia Gotik di acara musik pagi di sebuah stasiun TV pada Selasa (15/3) mengundang kontroversi. Tadinya pedangdut cantik ini berniat melontarkan candaan yang lucu dan menghibur. Tetapi sayangnya publik menganggap candaan Zaskia Gotik tersebut tak lucu dan justru menghina negara Indonesia.

Pasalnya, dalam acara itu Zaskia sempat ditanyai kapan tanggal proklamasi Indonesia. Mantan tunangan Vicky Prasetyo ini dengan santainya menjawab sambil tertawa, "32 Agustus."

Padahal tanggal 17 Agustus merupakan hari bersejarah di mana Indonesia merdeka dan terbebas dari penjarahan negara manapun. Ucapan Zaskia ini juga ditanggapi dengan lawakan 'garing' oleh presenter yang lain.

Selain melecehkan tanggal kemerdekaan RI, Zaskia Gotik juga menghina Pancasila yang merupakan ideologi dasar Indonesia. Zaskia Gotik mengatakan bahwa lambang sila ke-5 Pancasila adalah bebek nungging.

Padahal yang betul adalah padi dan kapas yang berbunyi keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Konyolnya penyanyi dangdut ini berceloteh demikian tanpa beban.

Zaskia Gotik tampaknya belum mengetahui jika komentar 'asal' tersebut bisa membuatnya diperkarakan ke meja hukum, sesuai dengan peraturan dalam Pasal 24 UU Nomor 24 Tahun 2009 tentang larangan menghina Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara serta Lagu Kebangsaan Indonesia.

Dalam Pasal 57 a jo Pasal 68 tertulis, "Setiap orang dilarang: (a) mencoret, menulisi, menggambari, atau membuat rusak Lambang Negara dengan maksud menodai, menghina, atau merendahkan kehormatan Lambang Negara dipidana dengan dengan pidana penjara paling lama 5 tahun atau denda paling banyak Rp 500 juta."
hdk