Biaya Pembuatan Samsung Galaxy S7 Ternyata Cuma Rp 3,3 Juta

Biaya Pembuatan Samsung Galaxy S7 Ternyata Cuma Rp 3,3 JutaSamsung Galaxy S7 @cnet.com
Beberapa waktu lalu Samsung telah memperkenalkan smartphone andalan berikutnya, yakni duo Galaxy S7. Dari segi harga, kedua perangkat ini lebih murah dibanding Galaxy S6 ketika pertama kali keluar, yakni mulai Rp 9-10,5 jutaan.

Harga yang sedikit lebih murah ini bukan berarti Samsung menurunkan kualitasnya. Galaxy S7 hadir dengan salah satu chipset tercanggih saat ini, Snapdragon 820 buatan Qualcomm dan beberapa fitur canggih lainnya.

Meski komponen yang dibutuhkan untuk merakit Galaxy S7 lebih baik dibanding Galaxy S6, namun harga komponen sepertinya masih jauh dibawah harga komersil dari Galaxy S7.

AndroidAuthority melaporkan jika biaya pembuatan Samsung Galaxy S7 tidak hanyalah USD 225 atau setara Rp 3,3 juta. Hal ini juga dibuktikan oleh tim peneliti IHS yang telah membongkar Galaxy S7.

Komponen paling mahal menurut IHS adalah prosesor Snapdragon 820 yang harganya USD 62 atau Rp 805 ribuan. Angka ini merupakan 25 persen dari harga seluruh jeroan pada perangkat.

Namun, untuk pengguna di Indonesia dipastikan tidak bisa merasakan chipset tersebut karena Galaxy S7 yang hadir di tanah air akan mengusung Exynos 8890 yang kemampuannya diklaim sama dengan Snapdragon 820.

Jika harga aslinya Rp 3,3 juta, maka Samsung telah menaikkan harga Galaxy S7 sebesar Rp 5,7 jutaan. Sebelumnya perlu diketahui jika penjualan perangkat tidak serta merta bisa dihitung dari perakitan komponen, melainkan juga pengeluaran untuk keperluan lain, seperti promosi, riset, dan yang lainnya lainnya.
mks