Siswa Madrasah Jakarta Raih 3 Medali Emas Lomba Robot Asia

Siswa Madrasah Jakarta Raih 3 Medali Emas Lomba Robot AsiaSyahrozad Zalfa Nadia (9) atau Ocha @duta.co
Generasi muda Indonesia kembali menorehkan prestasi gemilang di kancah internasional. Kali ini siswa madrasah ibtidaiyah (SD) Madrasah Pembangunan UIN Jakarta berhasil memborong 3 medali emas dari total 6 medali emas di kompetisi Asian Youth Robot Olympiad (AYRO) 2016.

Dua siswa dengan tiga medali emas tersebut adalah Syahrozad Zalfa Nadia (9) atau Ocha dan Avicenna Roghid Putra Sidik, siswa TK A Madrasah Pembangunan UIN yang tergabung dalam tim junior.

Mereka menjuarai kategori Soccer Robotic Junior dan Brick Speed. Selain dua medali emas, Madrasah Pembangunan UIN Jakarta juga menyabet dua medali perak dan satu medali perunggu.

Kakak beradik ini juga mendapat perak dalam kategori Maze Solving Junior dan medali perunggu untuk kategori Aerial Robotic Junior.

Dari tim senior, Indonesia diwakili oleh Faiz dalam kategori robot kreatif. Faiz juga mendapat medali perak dalam kategori robot Animasi.

Ocha sebelumnya memang kerap memenangi kompetisi robot nasional. Siswa kelas 4 ini pada akhir tahun lalu juga berhasil meraih Silver Prize Champions di kategori Steam Mission Junior dan Special Prize Champions kategori Soccer Junior di ajang Rofest Serpong.

AYRO 2016 sendiri adalah kompetisi robot yang diadakan di Singapura dengan tuan rumah Madrasah Al-Arbiah Al-Islamiah Singapura. Kompetisi ini dimulai 13 Maret dan berakhir 14 Maret dengan 130 peserta dari negara-negara Asia.
mks