Cewek Buta Bisa Melihat Berkat Cangkok Kornea Babi

Cewek Buta Bisa Melihat Berkat Cangkok Kornea Babimalaysia-chronicle.com
Seorang gadis buta berusia 14 tahun sangat bersyukur karena ia bisa melihat kembali. Ia mengaku sangat bahagia karena mata merupakan salah satu panca indera manusia yang sangat vital untuk melihat alam semesta yang begitu indah.

Gadis yang tak disebutkan namanya itu berhasil menjalani transplantasi kornea babi yang dilakukan oleh tim dokter dari Sun Yat-sen University di Guangzhou beberapa waktu lalu, demikian dilansir dari Southern Metropolis Daily.

Remaja dari Jiangxi tersebut sebelumnya tidak bisa melihat karena matanya terluka saat bermain kembang api. Mata kanannya terbakar dan mengalami luka yang parah. Ia pun menjadi buta sejak saat itu.

Seminggu setelah menerima transplantasi kornea dari babi, penglihatannya mulai pulih sedikit demi sedikit. Saat ini penglihatannya mencapai 20/200. Dokter berharap matanya akan kembali normal. Transplantasi kornea ini merupakan keberhasilan pertama kalinya di China selatan.

Salah satu profesor di China mengatakan jika negaranya masih kekurangan kornea. Hanya sekitar sepertiga sampai setengah dari 5 juta penderita kebutaan yang berhasil mendapat bantuan dan bisa melihat kembali.
mks