Pesawat Pencari Alien Diluncurkan ke Mars

Pesawat Pencari Alien Diluncurkan ke MarsExoMars 2016 @exploration.esa.int
Badan Antariksa Rusia dan Badan Antariksa Eropa (ESA) telah meluncurkan misi pesawat ExoMars 2016 untuk mengungkap peradaban makhluk luar angkasa atau alien di planet Mars.

Misi tersebut telah diluncurkan dengan roket Proton pada Senin (14/3) kemarin melalui fasilitas peluncuran pesawat antariksa di Baikonur, Kazakhstan, dilansir The Guardian.

Pesawat itu akan mengelilingi Mars dan mengikuti tingkat gas atmosfer di sana. Tingkat gas di planet merah tersebut diperkirakan bisa menjadi produk sisa dari mikroba yang hidup di sana.

Salah seorang penasehat senior ESA, Mark McCaughrean mengatakan, "Mungkin kita bisa menemukan jika ada kehidupan masih ada di planet merah."

Tujuan utama dalam misi ini adalah menemukan dasar misteri metana dari planet Mars. Gas tersebut diketahui sangat melimpah seperti yang terkandung di Bumi, hal inilah yang menjadi dasar ilmuwan menetapkan Mars bisa ditinggali manusia.

Pesawat ExoMars 2016 terdiri dari modul yang disebut Schiaparelli yang fungsinya untuk menguji perisai panas dan parasut yang akan digunakan dalam misi berikutnya.

Selain itu ada pula komponen utama, Trace Gas Orbiter (TGO) yang akan menganalisa atmosfer Mars. Komponen ini akan secara khusus mencari keberadaan gas metana yang juga diproduksi di Bumi.

Ilmuwan proyek ExoMars ESA, Jorge Vago mengatakan, "Pada dasarnya pesawat antariksa kami adalah 'hidung raksasa' di langit. Kami akan menggunakannya untuk mengendus keberadaan metana di Mars dan menentukan apakah itu sedang diproduksi oleh proses biologis."

Petunjuk mengenai metana sendiri sudah ditemukan pada penelitian yang dilakukan tahun 2004 oleh pengorbit Mars Express ESA. Saat itu kadar metana di sana berkonsentrasi sekitar 10 bagian dalam satu miliar. Artinya, setidaknya ada beberapa metana yang diproduksi di sana.

Lonjakan kadar metana kemudian ditemukan oleh misi robot pendarat Curiosity milik Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) pada penelitian berikutnya.
mks