Hanan al-Hroub, Muslimah Palestina Jadi Guru Terbaik Sedunia

Hanan al-Hroub, Muslimah Palestina Jadi Guru Terbaik SeduniaHanan al-Hroub @arabnews.com

Hanan al-Hroub menerima penghargaan guru terbaik di dunia atau Global Teacher Prize. Muslimah asal Pakistan ini menerima uang tunai sebesar Rp 13 miliar dari penyelenggara penghargaan itu.

Hanan selama ini mendedikasikan hidupnya memberikan pendidikan terhadap anak-anak yang tumbuh dalam lingkungan kamp pengungsian di Palestina. Dia mempromosikan slogan "tidak ada kekerasan" kepada para muridnya.

muslimah-guru-terbaik

Hroub menulis pengalamannya mengajar dalam bukunya yang berjudul Kita Bermain Kita Belajar. "Saya, saya menang! Saya bangga menjadi guru perempuan Palestina yang berdiri di atas panggung ini," kata Hroub saat penganugerahan penghargaan itu di Dubai, seperti dilansir the Guardian.

Global Teacher Prize diberikan oleh Yayasan Varkey yang merupakan milik perusahaan pendidikan internasional GEMS.

Sejumlah tokoh dunia memberikan apresiasi terhadap Hroub. Seperti Paus Fransiskus dan Pangeran William, Sekjen PBB Ban Ki-moon, Wapres Amerika Serikat Joe Biden, dan Mantan Presiden AS Bill Clinton melalui pesan suara.

"Anda akan tahu bagaimana menjadi mahluk sosial melalui belajar sambil bermain dan menikmati kegembiraan dalam hidup," ujar Paus Fransiskus.

muslimah-guru-terbaik

Dengan terpilih sebagai guru terbaik sedunia, Hroub mengaku bangga bersanding dengan guru lain seperti dari inggris, India, kenya, Finlandia, dan Amerika Serikat.

"Saya bangga berdiri di panggung ini sebagai guru perempuan Palestina," paparnya.

Hroub berencana menggunakan uang penghargaan yang dia terima untuk membantu siswa dan guru di dunia guna memajukan pendidikan dan karier mereka. Selain menerima uang, Hroub juga didaulat menjadi duta global bagi Varkey Foundation.

Nay