Flashdisk Dicuri, Ribuan Informasi ISIS Terbongkar

Flashdisk Dicuri, Ribuan Informasi ISIS TerbongkarISIS @newsweek.com
Militan kejam ISIS kini dalam masa sulit, ribuan informasi mereka yang tersimpan dalam sebuah flashdisk bocor akibat salah satu anggota mereka yang membelot mencurinya.

Keboroan data ISIS ini sama fatalnya dengan serangan peretas yang berhasil menjebol departemen personalia milik pemerintah federal Amerika Serikat, bedanya adalah skala data yang diperoleh dari flashdisk ISIS lebih kecil.

Menurut ilmuwan komputer dari University of Pennsylvania, Matt Blaze, dari flashdiks itu lembaga-lembaga antiteror bisa menemukan berbagai data rahasia serta informasi pribadi milik 22 ribu prajurit ISIS, seperti nama, nomor telepon, kota kelahiran, hingga golongan darah.

Selain informasi pribadi tersebut, data dalam flashdisk juga memuat daftar pertanyaan dalam wawancara calon anggota ISIS. Salah satu pertanyaan menulis, "Negara mana saja yang pernah Anda kunjungi?"

Data mengenai negara yang pernah dikunjungi berguna untuk memetakan rute sebaran prajurit-prajurit ISIS yang berkewarganegaraan asing.

Jika data tersebut benar-benar asli, kebocoran ini punya arti penting bagi kegiatan antiteror. Lembaga akan memiliki salinan data untuk melacak anggota ISIS serta memutus jalur perekrutan, dilansir Wired, Jumat (9/3/2016).
mks