Yisrael Kristal Jadi Pria Tertua di Dunia, Umur 112 Tahun

Yisrael Kristal Jadi Pria Tertua di Dunia, Umur 112 TahunYisrael Kristal @breakingisraelnews.com
Pria asal Israel, Yisrael Kristal dinobatkan menjadi pria paling tua di bumi oleh Guinness Book of World Records. Umur Yisrael Kristal ketika diumumkan sudah 112 tahun 178 hari. Pria tertua sebelumnya adalah Yasutaro Koide asal Jepang yang meninggal Januari 2016 lalu di usia 112 tahun 312 hari.

Yisrael mengaku tidak memiliki rahasia khusus mengapa ia bisa hidup begitu panjang. "Saya percaya segala sesuatu ditentukan dari atas dan kita tidak akan pernah tahu apa alasannya," ujarnya di acara penyerahan sertifikat sebagai orang tertua di dunia, di Haifa, Jumat (11/3).

Yisrael adalah pria yang dilahirkan tahun 1903 silam di Zarnow, Polandia. Ia terpisah dari orang tuanya yang merupakan pemuka agama selama Perang Dunia I.

Ia bekerja dalam bisnis gula-gula milik keluarga. Pada tahun 1939 ia bersama keluarga pindah ke Kota Lodz karena Polandia terinvasi Nazi Jerman. Lalu Yisrael dan istrinya, Chaja Feige Frucht, dikirim ke kamp konsentrasi Auschwitz pada 1944.

Yisrael bertahan hidup dan melakukan kerja paksa di sana dan di kamp-kamp lain. Berat badannya ketika ditemukan Sekutu pada Mei 1945 hanya 37 Kg. Sementara itu istrinya mati dibunuh di Auschwitz.

Yisrael kemudian mengungsi ke Israel pada tahun 1950 bersama dengan istri kedua dan anaknya. Di sana ia meneruskan bisnis gula-gula sampai pensiun.

Putrinya, Shula Kuperstoch, mengatakan, holocaust tidak pernah menggoyahkan keyakinan sang ayah. "Dia optimistis, bijaksana, dan dia menghargai apa yang dia alami," ujarnya dikutip Jerusalem Post.

Wanita paling tua di bumi saat ini diperkirakan masih menjadi milik wanita Amerika Serikat, Susannah Mushatt Jones yang sudah berumur 115 tahun 250 hari. Sementara orang dengan umur paling banyak di bumi dalam sejarah adalah Calment dari Perancis, yang meninggal pada usia 122 tahun dan 164 hari.
mks