Pengguna Menurun Drastis, Yahoo Nyaris Bangkrut

Pengguna Menurun Drastis, Yahoo Nyaris BangkrutCEO Yahoo, Marissa Mayer @computerworld.com
Persaingan ketat di dunia internet membuat Yahoo semakin kritis. Jika saja Yahoo adalah sebuah kapal, bisa dikatakan mereka kini sedang diterjang badai luar biasa dan akan segera hancur. Apa artinya?

Bisnis utama Yahoo dalam beberapa waktu terakhir memang terlihat lesu. Di ujung 2015, tiga layanan seperti Yahoo Mail, Yahoo.com, hingga Yahoo Search menunjukkan penurunan pengguna, dilansir TheInformation.com.

Saat ini Yahoo Mail mempunyai Daily Active User 56,9 juta, turun 11,5 persen dibanding akhir tahun 2014 lalu. Sementara dari mobile, pengguna aktif hanya 24,4 juta, turun 2,9 persen. Untuk Yahoo.com, pengunjung harian hanya 56,2 juta dan untuk mobile 11,3 juta.

Beruntung, Yahoo masih memiliki Tumblr yang sejauh ini berhasil mengumpulkan 550 juta pengguna di seluruh dunia, 26 juta diantaranya adalah pengguna aktif dan ada 17 juta pengakses dari mobile (naik 30%).

Selain Tumblr, Yahoo juga memiliki Yahoo Weather dan Yahoo Sport di mobile yang mengalami peningkatan pengguna masing-masing 8,2 & 8,6 persen menjadi 4,5 juta dan 7,3 juta pengguna.

CEO Yahoo, Marrisa Mayer sejak tahun lalu telah merumahkan sebagian besar karyawannya demi menghindari kebangkrutan yang diakibatkan banyaknya pengeluaran perusahaan di tengah masa kritis.
mks