Anime Detective Conan Dikecam Karena Siluet Wanita Telanjang

Anime Detective Conan Dikecam Karena Siluet Wanita TelanjangDetective Conan @animenewsnetwork.com
Anime Detective Conan belum lama ini memancing perdebatan di Jepang lantaran menayangkan konten pornografi dalam tayangannya. Salah satu lembaga pengawas penyiaran di Jepang mengaku memperoleh banyak keluhan dari pemirsa terkait tayangan Detective Conan.

Dilansir Anime News Network, Jumat (11/3), Organisasi Perbaikan Program dan Etika Penyiaran Jepang atau BPO (Japanese Broadcasting Ethics and Program Improvement Organization), mengumumkan daftar keluhan dari para penonton periode Februari.

Dalam laporan tersebut terungkap bahwa masyarakat mempermasalahkan adegan yang menampilkan nyotaimori (praktik memakan sushi di atas tubuh wanita telanjang) pada tayangan anime malam hari. Walau judulnya tidak diungkapkan, Detective Conan diketahui pernah menampilkan nyotaimori.

adegan nyotaimori di detective conan

Adegan berbau erotis itu ditampilkan dalam Detective Conan episode 808 yang tayang (13/2) lalu. Dalam episode tersebut wajah dan tubuh perempuan yang sedang bugil dan jadi alas sushi itu itu disensor dalam bentuk siluet.

Banyak pemirsa yang kecewa dan menanyakan unsur etika, zona waktu tayangan disiarkan, juga dampak negatif bagi anak-anak yang menonton acara Detective Conan.

Sebelumnya anime Detective Conan juga pernah memperoleh keluhan serupa tahun 2006 silam. Banyak orang tua kurang setuju dengan konsep anime dan desain gambar Detective Conan yang dianggap kurang sesuai untuk kalangan anak-anak.
hdk