7 Makanan Penyebab Kentut dan Sendawa

Kamis, 12 April 2012
7 Makanan Penyebab Kentut dan Sendawa

PERNAHKAH Anda bayangkan, Anda tengah dalam situasi penting seperti rapat atau kencan pertama, kemudian tiba-tiba perut terasa begah dan Anda ingin sendawa? Atau yang lebih menyeramkan, Anda ingin buang angin?

Buang angin dan sendawa disebabkan oleh makanan dan minuman yang dapat memproduksi gas dalam perut. Saat gas dalam perut mulai penuh, angin kemudian dikeluarkan lewat sendawa atau kentut. Apa saja makanan dan minuman yang dapat memproduksi angin? Berikut beberapa di antaranya.

1.    Apel
Apel disebut sebagai buah paling menyehatkan, hingga muncul pepatah “An apple a day keeps the doctor away”. Namun apel mengandung gas dan asam, yang juga berfungsi sebagai bahan olahan cuka apel.

2.    Ubi
Kalau yang satu ini, sepertinya sudah tidak aneh. Ubi memiliki reputasi sebagai santapan lezat namun dapat membuat Anda buang angin dengan aroma yang tidak sedap.

3.    Soda
Minuman bersoda dapat membuat perut kembung oleh gas yang dihasilkan melalui proses karbonasi. Inilah sebabnya mengapa Anda seringkali merasa ingin sendawa setelah menyeruput minuman bersoda.

4.    Keju
Jika tubuh Anda kurang toleran terhadap laktosa, maka Anda cenderung akan mengalami gangguan angin setelah menyantap makanan mengandung keju. Tidak hanya keju, namun juga makanan dan minuman hasil olahan susu dapat membuat perut Anda penuh oleh gas.

5.    Bawang
Bawang dapat menyebabkan bau mulut tidak sedap. Tapi tahukah Anda, tanaman yang satu ini juga dapat membuat Anda bermasalah dengan angin dalam tubuh? Mengonsumsi bawang mentah dapat membuat Anda sering buang angin. Inilah sebabnya sejumlah pakar kesehatan menyarankan untuk mengonsumsi bawang yang sudah dimasak dan diolah.

6.    Cabai
Cabai dapat membuat Anda sering sendawa dan buang angin karena memproduksi gas di dalam perut. Begitu pula dengan camilan pedas yang mengandung banyak cabai.

7.    Brokoli
Hindari mengonsumsi brokoli dalam keadaan mentah, karena akan lebih sulit diproses oleh tubuh. Brokoli yang sulit diolah dalam pencernaan membuat produksi gas dalam perut semakin banyak.

(www.tabloidbintang.com/rha)
Komentar