Gerah, Penumpang Pesawat Buka Pintu Darurat Cari Udara Segar

Gerah, Penumpang Pesawat Buka Pintu Darurat Cari Udara SegarPintu darurat pesawat dibuka penumpang @asiaone.com

Seorang penumpang pesawat Southern China membuat aksi ngawur yang membuat penundaan penerbangan atau delay. Pria yang tak disebutkan namanya itu nekat membuka pintu darurat pesawat. Alasannya sepele: untuk mencari udara segar.

Alhasil, penerbangan dengan rute Chengdu ke Urumqi itu harus mengalami delay selama hampir satu jam. Pesawat terpaksa menunggu giliran lepas landas di area landasan pacu di Bandara Internasional Chengdu Shuangliu, Provinsi Sichuan, Tiongkok.

Pria itu diketahui duduk di kursi 41A pada bagian belakang pesawat. Kepada petugas kabin, dia menjelaskan alasannya membuka pintu darurat itu, dilansir dari Asiaone, Jumat (11/3).

Staf pesawat akhirnya mengingatkan bahwa pintu darurat hanya bisa dibuka dalam keadaan genting. Setiap penumpang yang sengaja membuka pintu darurat tersebut, akan dikenakan denda bahkan dipenjara.

Insiden ini bukan kali pertama di dunia penerbangan Tiongkok. Pada Desember 2014, seorang penumpang pesawat Xiamen Airlines dengan rute Hangzhou ke Chengdu juga membuka pintu darurat karena ingin mencari udara segar.

Menurut Administrator Penerbangan Sipil setempat, kasus semacam ini sudah terjadi sebanyak 15 kali.

Nay