Evolusi Terbesar, Ini 10 Fitur Baru Android N

Evolusi Terbesar, Ini 10 Fitur Baru Android NAndroid N @trustedreviews.com
Sistem operasi terbaru Google, Android N secara mengejutkan telah dirilis versi Developer Preview belum lama ini. Keputusan ini sangat melenceng jika dilihat dari tradisi Google selama ini yang selalu mengumumkan OS mereka di acara Google I/O yang digelar setiap bulan Mei.

Yang lebih menarik, Google mengatakan jika sistem operasi yang diperkirakan akan bernama Android Nutella ini mengalami evolusi terbesar dalam sejarah sistem operasi Android dalam hal fitur baru.

Berikut ini 10 fitur terbaru yang akan dihadirkan pada sistem operasi Android N:

1. Multi Windows

Multi Windows merupakan salah satu fitur yang bisa dibilang yang terbaik di Android N. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menjalankan dua aplikasi dalam waktu bersamaan dalam satu layar yang sama (berdampingan).



Pada dasarnya Multi Windows ini sama dengan yang ada pada iOS 9, hanya saja yang hadir di Android N lebih fleksibel karena pengguna bisa mengatur lebar jendela aplikasi yang diinginkan.

2. Quick Setting

Fitur ini akan bisa didapat dengan mudah, di mana pengguna hanya perlu menarik jendela layar ke bawah yang kemudian akan memunculkan beberapa pengaturan yang bisa disesuaikan.



Pengguna bisa menambahkan beberapa jalan pintas pada jendela ini dengan mudah, hanya dengan melakukan drag and drop. Pengembang juga secara bebas mampu mengubah opsi pengaturan apa saja yang bisa tampil di menu Quick Setting ini.

3. Notifikasi Lebih Cerdas

Notifikasi yang hadir di Android N nantinya akan mampu menampilkan foto dari sang pengirim. Pengguna juga bisa mengelompokkan pemberitahuan berdasarkan topik, dengan tampilan yang mampu didesain sedemikian rupa. Tak lupa notifikasi di Android N juga memungkinkan pengguna langsung membalas pesan singkat atau email yang masuk.



4. Data Saver

Fitur ini mampu menghemat pemakaian data dari aplikasi yang berjalan pada latar belakang. Pemakaian data aplikasi yang berjalan bisa dihemat dengan mengaktifkan fitur ini. Pengguna juga bisa mematikannya jika tak ingin lebih cepat kehabisan baterai.

5. Hemat Baterai

Fitur ini memungkinkan smartphone mematikan semua aplikasi di latar belakang di saat laya mati. Sama halnya fitur Doze yang ada di Android Marshmallow, hanya saja fitur di Android N jauh lebih cerdas.

Doze di Android N mampu menerima notifikasi atau suara alarm meski fitur ini dalam keadaan aktif. Dengan begitu baterai tidak akan terkuras untuk hal yang tidak penting. Google juga mengurangi memori pemrosesan data lewat efisiensi aplikasi yang berjalan pada latar belakang sehingga perangkat hanya menjalakan memori kecil.

6. Pengaturan layar yang kompleks

Bagi pengguna yang mengalami gangguan penglihatan, Android N memungkinkan diatur penampilannya mulai dari komposisi warna, perbesaran layar, dan yang lainnya. Ada pula pengaturan sensor input gerakan, ukuran tulisan (font), ukuran layar, atau operasi smartphone via suara (talkback).



Tak ketinggalan Google menyematkan mode malam yang membuat layar lebih gelap dan ramah di mata. Sinar layar akan turun jika pengguna menggunakan mode ini, sehingga cahaya biru yang bisa mengganggu pola tidur tak begitu berisiko.



7. Bahasa Lokal dan Android TV

Sistem operasi andalan Google ini nantinya akan lebih cerdas dan lebih mengerti keinginan pengguna karena langsung bisa beradaptasi dengan bahasa yang digunakan pengguna. Selain itu Android N juga memungkinkan pengguna merekam langsung konten dari Android TV

8. Filter panggilan

Anda bisa dengan mudah menyaring panggilan yang masuk jika Anda menghendaki nomor seseorang untuk tidak bisa melakukan panggilan kepada nomor Anda. Selain itu Anda juga bisa menyembunyikan daftar panggilan masuk hingga tidak mudah diketahui orang lain.

9. Blokir Nomor

Fitur ini memungkinkan Anda untuk memblokir sebuah nomor sehingga tak dapat melakukan panggilan maupun mengirim pesan kepada Anda. Fitu blokir ini juga bisa dibagikan ke beberapa aplikasi lain seperti WhatsApp, LINE, dan yang lainnya.

10. Keamanan Jaringan lebih canggih

Sistem keamanan yang ada pada Android N ini bisa disesuaikan seperti keinginan pengguna tanpa menambahkan kode tambahan. Fitur ini sangat berguna untuk pengembang karena mereka tak harus repot mengatur sistem keamanan aplikasi.
mks