Tukang Sampah Lulusan SMA di New York Dibayar Rp 1,47 Miliar

Tukang Sampah Lulusan SMA di New York Dibayar Rp 1,47 MiliarMolina dan Sankar @reuters.com

Profesi sebagai tukang sampah acapkali dipandang sebelah mata dan tidak mendapat tempat layak dalam strata pergaulan di masyarakat. Namun demikian, dari soal bayaran, petugas sampah di Kota New York, AS memiliki gaji luar biasa besar.

Noel Molina dan Tony Sankar yang membersihkan jalanan New York selama bertahun-tahun mendapat gaji sebesar US$ 112.000 atau setara dengan Rp 1,47 miliar setahun. Jika dirata-rata, dalam sebulan mereka bisa membawa pulang nyaris Rp 100 juta.

Dari pendidikan, Molina dan Sankar hanya tamatan SMA. Menjadi fakta menarik jika pekerja lulusan SMA di Amerika justru memiliki gaji lebih besar ketimbang lulusan sarjana.

Secara keseluruhan, Amerika menetapkan gaji yang berbeda-beda untuk petugas kebersihan. Besar gaji yang mereka terima disesuaiklan dengan pekerjaan yang dikerjakan. Rata-rata pasukan oranye di Negeri Paman Sam itu mendapat gaji bersih hingga Rp 526,3 juta per tahun.

Molina dan Sankar menyadari jika mereka bisa mendapatkan banyak uang dari membersihkan sampah.

"Tapi, saya menghasilkannya di bagian belakang sebuah truk sampah, memungut sampah," kata Sankar.

Tak hanya mendapatkan gaji yang cukup baik, upah mereka juga tumbuh lebih cepat dari rata-rata. Pasalnya, gaji petugas sampah meningkat 18 persen, lebih tinggi dari rata-rata gaji nasional yang sekitar 14 persen pertahun. Demikian dilansir dari CNN.

Nay