Video Game Buat Anak Cerdas & Mudah Bersosialisasi

Minggu, 13 Maret 2016 06:00
Video Game Buat Anak Cerdas & Mudah BersosialisasiIlustrasi anak-anak melihat video game @shutterstock.com
Saat ini video game telah menjamur dan semakin berkembang, meski demikian jika buah hati Anda gemar melihat atau memainkan video game di waktu luang, selalu awasi dan perhatikan video game apa yang sedang mereka mainkan.

Video game ternyata merupakan salah satu kegiatan untuk sikecil yang memiliki manfaat baik. Dilansir dari Medindia, sebuah studi yang dilakukan oleh peneliti dari Columbia Mailman School of Public Health meneliti hubungan antara jumlah waktu yang dihabiskan untuk bermain video game dengan dampaknya pada kesehatan mental, kemampuan kognitif serta sosial anak.

Dalam penelitian ini, para peneliti mencoba mencermati usia, jenis kelamin, serta jumlah anak yang terlibat dalam penelitian. Hasilnya, para peneliti menemukan bahwa penggunaan video game berdampak pada meningkatnya kecerdasan anak hingga 1,75 kali dan kemampuan akademis hingga 1,88 kali.

Selain itu mereka juga tak menemukan keluhan baik dari orang tua maupun pihak sekolah mengenai masalah mental anak-anak tersebut. Bahkan para peneliti melihat semakin seringnya anak bermain video game, hubungan mereka dengan teman sebaya semakin baik.

Sementara menurut pengakuan salah satu orang tua anak dalam penelitian ini, mereka mengaku bahwa satu dari lima anak telah bermain video game lebih dari 5 jam per minggu.

Peneliti Katherine M. Keyes mengatakan, main video game seringkali menjadi perekat kegiatan bermain bersama di antara anak-anak usia sekolah.

Kesimpulannya, anak-anak yang sering bermain video game lebih mudah berteman dan terlibat dalam kegiatan sekolah. Meski begitu, para peneliti mengingatkan agar orangtua tetap mengawasi dan mengontrol aktivitas anak agar perkembangan mereka tetap positif dan maksimal.
(De)
Komentar