Kakek 18 Cucu Ajak Kawin Lari ABG 17 Tahun Ditangkap

Kakek 18 Cucu Ajak Kawin Lari ABG 17 Tahun DitangkapKakek Jumadi memberikan keterangan di Polresta Palembang @viva.co.id

Tua-tua keladi, kakek Jumadi, 70 tahun harus mendekam di sel tahanan Polresta Palembang karena menikahi gadis ABG 17 tahun. Seperti lupa umurnya, kakek dengan 18 cucu ini dilaporkan oleh orangtua korban, Rabu (9/3) lalu.

Semula, Jumadi membawa kabur korban AR sejak Februari lalu. Bahkan, keduanya sudah menikah siri di desa Cahaya Marga, Pemulutan Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan.

Korban AR sendiri mengalami keterbelakangan mental. Orangtuanya, AS sudah mencari keberadaan putrinya itu sejak lama. Sampai akhirnya terlacak jika AR bersama Jumadi.

Dalam keterangannya, Jumadi menolak jika dituding menikahi paksa korban.

"Saya tidak memaksa, dia (korban) sendiri minta dinikahi. Karena orangtuanya tak setuju, jadi kami nikah siri. Sebelumnya sempat mau menikah, tetapi digagalkan orangtuanya gara-gara beda usia kami yang jauh," kata Jumadi, dilansir dari Viva.

Dia menambahkan, awal perkenalannya dengan AR pada September 2015. Jumadi yang berprofesi sebagai pembuat perahu getek ini terhitung masih tetangga orangtua korban.

"Memang agak keterbelakangan mental, tapi dia bisa main handphone. Waktu itu, AR SMS saya minta ditemui dan mengajak nikah. Saya mau saja, nah pas nikah digagalkan orangtuanya. Jadi kami kabur menikah di luar. Tidak ada unsur paksaan pak," ucap Jumadi.

Kepala Satuan Reserse Kriminal Kepolisian Resor Kota Palembang, Komisaris Marully Pardede, melalui Kepala Unit Perlindungan Perempuan dan Anak, Inspektur Satu FG Malina membenarkan pihaknya menerima laporan orangtua korban.

"Laporannya tahun lalu, tapi pernikahan itu berhasil digagalkan orangtua korban. Sekarang mengulang kembali dan kita amankan. Bisa dijerat pasal 332 KUHP tentang melarikan anak di bawah umur dengan ancaman 9 tahun penjara."

Nay