Polisi Gagalkan Gadis Cilik Dinikahi Remaja 14 Tahun

Polisi Gagalkan Gadis Cilik Dinikahi Remaja 14 TahunRemaja Pakistan banyak yang dinikahkan belia @cnn.com

Polisi Punjab, Pakistan berhasil menyelamatkan seorang gadis belia 9 tahun yang hampir dinikahi oleh lelaki berusia 14 tahun. Pernikahan itu disponsori tetua desa setempat untuk mengakhiri sengketa antar keluarga.

Sudah menjadi bagian kebudayaan Pakistan menjadikan pernikahan sebagai media membangun dan memperkuat aliansi, hingga menyelesaikan perselisihan, atau menebus utang.

Dalam kasus pernikahan bocah ini, empat tetua adat ditangkap.

"Istri saudara gadis itu meninggal karena beberapa masalah kesehatan beberapa minggu lalu. Keluarga sang istri menduga ada kecurangan dan menuduh keluarga gadis itu telah melakukan pembunuhan," kata Wakil Inspektur Polisi Mamoonur Rasheed, dilansir dari the Guardian.

"Pada 3 Maret, dewan desa memutuskan untuk menyerahkan gadis kecil itu dalam vani demi menyelesaikan dugaan pembunuhan itu," kata Rasheed.

Gadis itu rencananya akan dinikahkan dengan sepupu dari almarhum istri saudaranya yang berusia 14 tahun. Sementara itu, keluarganya akan membayar sebesar Rp 19 juta kepada keluarga almarhumah istrinya.

Dari data PBB, tiga persen gadis Pakistan menikah sebelum usia 15 tahun, 21 persen lagi menikah sebelum 18 tahun.

Orang tua si gadis biasanya miskin, mereka menjadikan pernikahan itu untuk mempersiapkan masa depan anaknya. Kebiasaan ini banyak dipraktikan di daerah dengan tingkat ekonomi kurang.

Nay