Video Tata Cara Salat Gerhana Matahari

Video Tata Cara Salat Gerhana MatahariTata cara salat gerhana matahari @youtube.com
Tepat pada Rabu (9/3) besok, fenomena langka gerhana matahari akan menyapa sejumlah wilayah di Indonesia. Namun di beberapa daerah, fenomena ini hanya dapat dilihat 70 atau 72 persen atau tidak sempurna.

Seperti di wilayah Aceh, gerhana akan terlihat sebagian atau matahari dengan 72 persen tertutup piringan bulan atau hanya dapat melihat matahari berbentuk sabit.

Menyambut fenomena langka ini, umat Islam disunnahkan untuk melaksanakan salat gerhana matahari atau disebut dengan salat sunnah kusuf.

Dilansir dari Serambinews.com, shalat kusuf ini tergolong berbeda dengan salat sunnah lainnya karena dianjurkan untuk memperbanyak bacaan saat rukuk dan sujud. Jika biasanya bacaan rukuk dan sujud hanya diulangi tiga kali, namun dalam salat kusuf dibaca hingga ratusan kali.

Perbedaan lainnya adalah setelah rukuk, tangan kembali bersedekap dan membaca surah Al-Fatihah. Setelah itu baru bacaan iktidal seperti biasa. Demikian juga untuk rakaat kedua sehingga seolah empat rakaat, padahal hanya dua rakaat.

Melaksanakan salat gerhana ini dianjurkan untuk berjamaah di masjid. Sebab salat kusuf atau gerhana ini juga terdiri atas khutbah dan setelah itu berdoa.

Sebuah akun YouTube bernama Da'wa Video mengunggah tata cara dan penjelasan singkat terkait salat gerhana. Anda dapat melihat videonya di atas:
De