Takut Dosa Riba, Wanita Ini Langsung Kembalikan Motor ke Dealer

Takut Dosa Riba, Wanita Ini Langsung Kembalikan Motor ke DealerIlustrasi @aaronguing.com
Ibu dengan inisial N belakangan ini menjadi perbincangan netizen karena kisahnya yang menginspirasi. Ia adalah single parent dengan satu anak yang sudah menginjak SMA. Ia 11 bulan lalu mengkredit sepeda motor matic per bulan Rp 535 ribu.

Namun, setelah ia mendengar mengenai pembahasan uang riba, ia menjadi takut dengan siksa yang pedih kemudian berdoa kepada Allah untuk memudahkannya mendapat sepeda motor tanpa adanya uang riba.

Ibu tersebut mengatakan, "Bahasan tentang dosa riba yang begitu besar, bahkan hingga bisa membuat hidup keluarga tidak tenang, membuat saya berfikir keras, 'apakah ini salah satu penyebab hidup saya tidak tenang dengan keluarga selama ini?'"

"Hijrahlah, maka Allah akan mencukupkan, ini selalu terngiang. Ketika pulang kerja, di atas motor saya membatin, 'Ya Allah, berilah saya motor lagi, saya ingin lepas dari riba," ujarnya.

Kemudian salah satu pengurus Mualaf Center Yogyakarta (MCY) mengatakan kepadanya jika akan ada orang yang memberikan sepeda motor untuk MCY. MCY sendiri adalah yang menaungi komunitas Mumtaza yang diikuti ibu berinisial N tadi.

N kemudian berpikir bahwa mungkin ini adalah rezeki untuknya yang diberikan Allah dengan jalan tak disangka-sangka. Saat itulah ia berpikir akan memulangkan motornya ke dealer. Saat itu ia sama sekali tidak berpikir bahwa motor yang diberikan ke MCY adalah untuk keperluan dirinya.

Ketika ia menceritakan akan mengembalikan motornya ke dealer, sang pengurus berkata kepada komunitas bahwa ada salah satu anggota ingin memulangkan motornya karena takut dosa. Saat itu pula ada satu lagi orang yang bersedia memberikan sepeda motornya ke Mumtaza agar salah satu bisa dimiliki oleh N.

N bersama dengan pengurus MCY kemudian mendatangi dealer di mana N mengkredit motor tersebut dengan tujuan mengembalikannya. Pegawai pun awalnya merasa bingung, terlebih karena N bermaksud mengembalikan motor itu tanpa pengembalian uang angsuran.

Motor yang hendak dihibahkan kepada N kini sudah dalam proses pengurusan STNK dan belum bisa dibawa. N sendiri mengaku rela kehilangan uang angsuran yang ia lakukan selama 11 bulan ini demi menghindari dosa yang mengancam pelaku riba.
mks