Bukan HOAX, Jembatan Suhat di Malang Asli Melengkung 20 Cm

Sabtu, 05 Maret 2016 17:00
Bukan HOAX, Jembatan Suhat di Malang Asli Melengkung 20 CmJembatan Suhat di Kota Malang @malangtimes.com

Kabar heboh soal jembatan Jalan Soekarno-Hatta (Suhat) Kota Malang yang melengkung meresahkan warga kota berudara sejuk itu. Warga khawatir jembatan yang biasa mereka lalui sudah tidak aman.

Dari serangkaian foto yang beredar di sosial media, terlihat jelas kondisi jembatan Suhat ini melengkung ke bawah.

"Saya sampai dapat kiriman dari istri di Jakarta, katanya jembatan Soekarno-Hatta melengkung," kata Djoko Suwarno, warga yang melintas di sekitar Jalan Soekarno-Hatta, Kamis (3/3).

Akibat ramai di media sosial dan jadi perbincangan, Dinas Bina Marga melalui UPT Jembatan melakukan investigasi di lapangan. Dinas Bina Marga menggunakan drone untuk melakukan pengecekan jembatan tersebut.

"Kondisi jembatan masih aman, tidak ada lengkungan sebagaimana gambar yang tersebar di medsos," kata Cholila Kepala UPT Jembatan di Malang Dinas Bina Marga Jawa Timur.

Namun demikian, pernyataan Cholila ini berseberangan dengan pendapat pakar konstruksi yang juga Ketua Jurusan Teknik Sipil Universitas Brawijaya (UB) Sugeng Prayitno Budio. Sugeng yang melakukan penelitian dan survei menyatakan bahwa Jembatan Suhat juga tidak aman.

Dari laporan terbaru, diketahui jembatan ini mengalami penurunan 10,8 sentimeter dari garis horizontal. Namun jika dihitung dari konstruksi awal dibangun, total penurunan sebesar 20,8 sentimeter.

"Karena saat dibangun ada chamber (melengkung ke atas) 10 sentimeter. Hasil studi kami terjadi lendutan (lengkung) sebesar 10,8 sentimeter dari garis horizontal," kata Sugeng.

Kabar melengkungnya jembatan Suhat ini sempat dibantah oleh Pemkot Malang dengan mengatakan bahwa foto yang beredar luas adalah rekayasa atau HOAX. Pun demikian dengan Gubernur Jatim Soekarwo juga menyatakan jembatan ini masih bisa bertahan cukup lama.

"Setelah menerima data teknis dari Dinas PU Bina Marga dan pantauan @bpbd_jatim saya pastikan jembatan Suhat aman.*Pakde Karwo*," tulis Dr.H.Sukarwo, M.Hum melalui akun Twitternya, @pakdekarwo1950. Demikian dilansir dari berbagai sumber.

(Nay)
Komentar