Gara-Gara Balapan, Sinetron Halilintar Juga Ditegur KPI

Gara-Gara Balapan, Sinetron Halilintar Juga Ditegur KPISinetron Halilintar @hargatop.com
Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) tampaknya makin sigap merespons keluhan para pemirsa terkait tayangan yang ada di televisi. Setelah Anak Jalanan, kini sinetron Halilintar SCTV juga turut ditegur oleh KPI lantaran menayangkan adegan balapan.

Beberapa waktu lalu netizen di Twitter heboh meminta KPI melayangkan teguran pada sinetron yang dibintangi oleh Eza Gionino tersebut. Netter menilai Halilintar hampir mirip Anak Jalanan yang diwarnai dengan adegan balapan.

"@KPI_Pusat Ini SINET HALILINTAR ADA BALAPAN MOBIL,KNP G DITEGUR YA,BPK KPI TERHORMAT?? ANEH," protes netter. "Jgn cuma AJ yg ditegur. Halilintar juga ada scene kebutan d jalan. @KPI_Pusat," sahut lainnya.

Protes netizen itu sepertinya didengar langsung oleh KPI. KPI langsung melayangkang surat teguran pada sinetron Halilintar Selasa (1/3) lalu. Dalam tayangan episode (17/2) Halilintar dinilai melanggar Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3 dan SPS) tahun 2012.

"Program tersebut menayangkan adegan beberapa remaja laki-laki yang sedang melakukan balap mobil dengan kecepatan tinggi di jalan raya," bunyi teguran KPI. "KPI Pusat menilai muatan demikian berbahaya apabila ditiru oleh khalayak yang menonton terutama remaja."

Untuk sementara KPI cuma memberi sanksi berupa peringatan untuk sinetron Halilintar. Di samping itu KPI berharap pihak SCTV mengevaluasi lebih lanjut programnya sebelum tayang di televisi.
hdk