Crispy Crackers Dibakar Bisa Nyala, Ini Klarifikasi BPOM

Crispy Crackers Dibakar Bisa Nyala, Ini Klarifikasi BPOMVideo Crispy Crackers bisa dibakar @facebook.com
Beredar video snack kemasan instan merk Crispy Crackers yang dibakar namun api dapat menyala cukup lama. Hal ini telah dicoba oleh beberapa polwan. Anehnya, snack tersebut justru terbakar lama hingga gosong.

Dalam tayangan video berdurasi 1 menit 37 detik tersebut, mereka juga menduga adanya kandungan plastik atau kayu dalam produk cemilan itu. Usai memposting video tersebut, beberapa netizen pun mulai membanjiri komentarnya.

Ada yang memberikan komentar negatif, dan tak sedikit juga yang positif. Setidaknya, video yang diunggah ke Facebook pada Kamis (3/3/2016) tersebut sudah ditonton lebih dari 46 ribu kali.

Mengetahui hal ini, Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Republik Indonesia memberikan klarifikasi mengapa snack Crispy Crackers tersebut bisa menyala api dengan cukup lama saat dibakar lewat situs resminya.

Bahwa "produk pangan yang mengandung lemak/minyak dengan kadar air rendah terutama yang berbentuk tipis, berpori, seperti krupuk, krekers, dan makanan ringan lainnya dapat terbakar/menyala jika disulut dengan api," tulis BPOM RI yang dirilis pada hari Kamis (3/3/2016).

Penjelasan tersebut menandakan bahwa BPOM membantah jika produk makanan yang menyala api saat dibakar mengandung unsur plastik atau lilin. Sementara untuk membuktikannya, harus ada uji laboratorium lebih lanjut terlebih dahulu.

"Bahwa untuk membuktikan adanya kandungan plastik dan/atau lilin diperlukan pengujian lebih lanjut di laboratorium," imbuhnya.

Sementara PT Nissin Biscuit Indonesia sendiri juga membantah adanya unsur lilin dalam kandungan produk kemasan miliknya itu. Hal ini diungkapkan oleh Wakil Pimpinan PT Nissin Biscuit Indonesia, Agus Santoso G, dalam siaran terbuka.

"Sehubungan dengan beredarnya video-video di dunia maya dan aplikasi telepon seluler yang menggambarkan adegan pembakaran biskuit Crispy Crackers dan disebut-sebut-sebut bahwa biskuit tersebut terbakar karena adanya kandungan lilin, dengan ini kami, PT Nissin Biscuit Indonesia selaku produsen Crispy Crackers menyatakan bahwa hal tersebut tidak benar," ujar Agus Santoso G, dikutip dari redaksikota.com.

Pihaknya juga menjelaskan bahwa komposisi produk crackers miliknya itu mengandung bahan-bahan yang aman dikonsumsi masyarakat. Produk tersebut mengandung tepung terigu, gula, dan minyak nabati dalam komposisinya, dan kandungan air yang rendah sehingga produk tersebut mudah terbakar,

Untuk memperkuatnya, Agus menyampaikan jika produk yang sempat menghebohkan masyarakat tersebut telah lolos tahap verifikasi. Diantaranya adalah verifikasi halal dar Majelis Ulama Indonesia (MUI), dan registrasi dari BPOM.

Berikut videonya:
Produk Ini Bisa Dibakar

Ada yang bisa jelaskan secara ilmiah kenapa ini bisa dibakar dan tahan lama?.... sambil menunggu klarifikasi dari pihak Produsen....

Dikirim oleh Berita Heboh Dan Langka pada 2 Maret 2016
De