Tren Smartphone Layar 4K jadi Pasaran

Tren Smartphone Layar 4K jadi PasaranLayar smartphone @pcmag.com
Pada tahun 2016 lalu, Sony berinisiatif untuk memperkenalkan layar smartphone dengan resolusi gahar 4K. Namun, mereka tampaknya masih belum siap untuk menghadirkannya pada smartphone terbarunya. Bahkan sejauh ini smartphone masih berkutat pada resolusi 1440 dan 1080 piksel.

Namun demikian, Samsung menegaskan jika smartphone beresolusi 4K akan menjadi sangat biasa di masa depan. "Teknologi ini kelak akan menjadi mainstream, namun untuk saat ini masih belum ada perbedaan mencolok dari resolusi yang telah ada," ujar pihak Samsung dilansir Phone Arena.

Kepala bagian Teknologi, Konten dan Launch Management Samsung, Kyle Brown mengatakan jika teknologi layar 4K hadir di era sekarang, maka konsumen tigak akan merasakan ketajaman layar tersebut.

Resolusi 1440p sendiri saat ini sudah sangat bagus untuk smartphone kelas atas sekalipun. Bahkan tak terlalu ada bedanya jika dibandingkan dengan layar 1080p. Namun perbedaan akan tampak di era virtual reality.

Perkembangan perangkat virtual reality inilah yang dianggap oleh Samsung sebagai momen yang tepat untuk peluncuran layar smartphone 4K. Konsumen akan mampu merasakan ketajaman layar tersebut sehingga tak merasa rugi karena merogoh dana yang cukup besar.

Layar 4K diakui oleh Brown akan menguntungkan perusahaannya yang sedang mengembangkan teknologi virtual reality pada headset Samsung Gear VR. Bahkan ia menegaskan jika Samsung juga akan turun tangan mengembangkan layar 4K.
mks