Niat Serang Google, Hacker ISIS Malah Nyasar ke Situs Abal-abal

Niat Serang Google, Hacker ISIS Malah Nyasar ke Situs Abal-abalHacker ISIS retas situs abal-abal @newsweek.com
Kelompok hacker yang mengaku berada di bawah naungan ISIS melakukan sebuah kesalahan fatal ketika melancarkan serangan siber. Mereka salah sasaran di mana tujuan awalnya adalah melumpuhkan Google.

Diketahui dalam jaringan pesan terenkripsi Telegram, kelompok bernama Cyber Caliphate Army (CCA) tersebut bersumpah untuk meruntuhkan website Google, seperti dilansir International Business Times.

Namun, pengubahan tampilan yang ditujukan ke Google itu tidak tepat sasaran. Bukannya Google, malah website perusahaan kecil asal India yang berganti tampilan. Hal ini karena website tersebut menggunakan domain mirip Google, yakni addgoogleonline.com.

Domain tersebut adalah milik perusahaan teknologi bernama Always Say yang menawarkan jasa mesin Search Engine Optimization (SEO) kepada konten lokal yang sama sekali tidak berkaitan dengan Google.

Website tersebut berubah tampilan pada Senin (29/2) pagi, memperlihatkan logo CCA dan memainkan lagu ISIS berbahasa Prancis. Tak berlangsung lama, tampilan itu diubah dengan cepat oleh hacker lain n3far1ous yang kemudian mengganti logo CCA dengan tulisan 'Makan Ini, ISIS' dan lagunya menjadi cadas.

Kesalahan hacker ISIS memang bukan pertama kalinya. Sebelumnya mereka juga bermaksud melakukan pembalasan kepada pemerintah Inggris terkait tewasnya salah satu pemimpin ISIS, Junaid Hussain dengan cara meretas 35 website di Inggris.

Namun, semua website yang diretas ISIS ternyata hanyalah milik perusahaan kecil yang sama sekali tak terlibat dengan pemerintahan, termasuk perusahaan sablon atau bahkan perusahaan furnitur dan laminasi lantai.
mks