Awas, Unggah Foto Anak ke Facebook Bisa Dipenjara

Awas, Unggah Foto Anak ke Facebook Bisa DipenjaraAnak @huffingtonpost.co.uk
Kepolisian Prancis meminta agar orang tua tidak mengunggah foto anak mereka di Facebook. Bukan tanpa alasan, mengunggah foto anak di Facebook akan melanggar privasi dan membahayakan sang anak itu sendiri.

Orang tua didorong untuk berpikir dua kali terkait efek psikologis ke anak setelah dia tumbuh dewasa, selain itu kini juga banyak beredar predator seksual yang berkeliaran di Facebook.

"Anda boleh bangga akan anak Anda, tapi Anda harus berhati-hati. Kami mengingatkan Anda, mengunggah foto anak ke Facebook memiliki bahaya tersendiri," ujar polisi.

Salah satu ahli hukum internet di Prancis, Eric Delcroix menyebutkan bahwa anak mungkin saja menuntut orang tua atas tuduhan melanggar privasi mereka di masa depan sehingga foto tersebut akan menyeret orang tua ke pengadilan.

Prancis sendiri mempunyai aturan yang melindungi privasi setiap warga yang berbunyi 'siapapun (termasuk orang tua) yang mempublikasikan dan mendistribusikan foto orang lain tanpa izin akan dipenjara 1 tahun dan denda EUR 45 ribu atau Rp 649,7 juta, dilansir The Verge.

Menurut pengacara Viviane Gelles, hukum di Prancis dengan jelas menuntut orang tua untuk melindungi foto anak mereka. Badan perlindungan data di sana juga mendorong orang tua untuk membatasi pihak yang bisa melihat foto anak di Facebook.

Facebook sendiri beberapa waktu lalu sudah berencana membuat fitur yang secara otomatis akan memperingatkan orang tua saat mereka hendak mengunggah foto anak yang bisa dilihat publik.
mks