Wajahnya Dijadikan Sosialisasi HIV/AIDS, Ahok Meradang

Wajahnya Dijadikan Sosialisasi HIV/AIDS, Ahok MeradangSosialisasi HIV/AIDS dengan wajah Ahok @detik.com

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok meradang wajahnya dijadikan model kampanye sosialisasi HIV/AIDS.

Wajah Ahok terpampang di sebuah LED berukuran besar di kawasan Mega Kuningan.

Ahok yang mendapat laporan penggunaan foto wajahnya itu naik pitam. Dia langsung memerintahkan jajarannya untuk mencopot iklan sosialisasi tersebut.

"Ini namanya mau menjatuhkan saya. Saya suruh cabut, kurang ajar itu. Belum tahu sudah ada berapa yang terpasang," kata Ahok, Selasa (1/3) lalu.

Pada iklan itu tertulis, 'Lakukan konseling dan testing HIV bagi anda yang berganti pasangan seks, pernah kena IMS, dan menggunakan alat sntik tidak steril'.

Sementara itu, Sekretaris Komisi Penanggulangan AIDS Provinsi (KPAP) DKI Jakarta Rohana Manggala mengatakan, pihaknya sudah membahas sosialisasi penanggulangan HIV/AIDS yang ditayangkan melalui LED dengan Gubernur Ahok. Hanya saja, Ahok meminta agar fotonya tidak digunakan dalam sosialisasi tersebut.

"Gubernur sampaikan, kalau mau sosialisasi jangan pakai brosur atau leaflet yang dilihat sebentar langsung diinjek-injek. Coba buat sosialisasi pakai LED, karena informasinya jelas," kata Rohana.

Usulan pemasangan foto Ahok merupakan ide kreatif KPAP DKI serta tim kreatifnya.

"Bapak marah, beliau bilang, 'saya belum pernah mengizinkan pasang foto saya'. Sekarang sudah kami turunkan sosialisasinya," kata Rohana.

Meski sosialiasi penanggulangan HIV/AIDS diturunkan, namun KPAP DKI tetap akan menyosialisasikan penanggulangan penyakit tersebut. Sebab, DKI menjadi salah satu kota dengan pertumbuhan HIV/AIDS tercepat.

"Kami akan tetap berkampanye tanpa foto Gubernur," kata Rohana.

Nay