Warga Malang Digegerkan Jembatan Suhat Melengkung, Mau Ambruk

Warga Malang Digegerkan Jembatan Suhat Melengkung, Mau AmbrukJembatan Suhat di Kota Malang @malangtimes.com

Masyarakat Kota Malang, Jawa Timur dihebohkan dengan foto jembatan di depan kampus Universitas Brawijaya, di jalan Soekarno Hatta. Jembatan Suhat ini disebut-sebut sudah tidak layak.

Isu ambruknya jembatan Suhat ini pun sempat mengemuka. Namun ternyata tidak benar. Seorang Kaskuser menuliskan,

"Inilah foto jembatan Soekarno-Hatta, di tengah-tengah kota Malang persis didepan kampus Univ.Brawijaya, yang sudah tua, melengkung pulak, dan siap ambruk menelan korbannya.

Dibawah jembatan ini, mengalir anak sungai Brantas yang sangat curam dan dalam, dengan ketinggian sekitar 30 meter, sehingga bila jembatan itu ambruk, dipastikan akan banyak sekali korban jiwa.

Apalagi bila kejadiannya di saat jam-jam padat yaitu saat mahasiswa dan pelajar kota dingin itu pergi dan pulang sekolah. Pemerintah kayaknya sih adem-ayem saja sampai saat ini, nggak ada janji realisasi untuk segera menyelmatakan jembatan itu dari ancaman ambruk."

Jembatan Suhat ini sejak jauh-jauh hari dinilai sudah membahayakan.

"Usia konstruksi jembatan rata-rata maksimal memang 20 tahun dan untuk Jembatan Soekarno-Hatta ini sudah lebih dari usia maksimal, namun konstruksi dan kondisi jembatan baja tersebut masih bagus, hanya pengikatnya saja yang perlu diperbaiki," tegas ahli konstruksi jembatan Universitas Brawijaya, Malang, Prof Dr Sri Murni Dewi.

Namun demikian, terkait foto jembatan Suhat yang melengkung dan menjadi viral di sosial media, pihak Pemerintah Kota Malang menegaskan bahwa foto itu editan dan tidak sesuai kondisi asli.

"Sehub dg beredarnya foto #JembatanSoehat "melengkung". Dr hasil tinjauan di lap, dpt dipastikan foto tsb Hoax/Fake."

Nay